MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA DI KELOMPOK B2 TK DHARMA WANITA REJOMULYO KECAMATAN KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
KASIH SAMIYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.01.11.0344P
Abstract
KasihSamiyani: Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Ular Tangga Di Kelompok B-2 TK. Dharma Wanita Rejomulyo Kecamatan Kota Kediri.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa anak-anak kelompok B-2 TK. Dharma Wanita Rejomulyo mengalami permasalahan dalam mengenal dan menyebutkan lambang bilangan 1-25 serta berhitung dengan menyebutkan hasil penjumlahan dan pengurangan. Hal ini disebabkan kurang adanya media yang mendukung supaya anak tidak merasa bosan dalam pembelajaran.
Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah penerapan permainan ular tangga dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak Kelompok B-2 TK. Dharma Wanita Rejomulyo Kecamatan Kota Kediri?”
Penelitian ini menggunakan pendekatan PenelitianTindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa Kelompok B-2 TK. Dharma Wanita Rejomulyo Kecamatan Kota Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian, lembar observasi anak, lembar evaluasi anak.
Kesimpulan hasil penelitian adalah: penerapan permainan ular tangga dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak Kelompok B-2 TK. Dharma Wanita Rejomulyo Kecamatan Kota Kediri.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan penerapan permainan ular tangga dapat dijadikan alternative dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak.
Kata kunci: kemampuan kognitif, permainan ular tangga.