MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL PERILAKU BAIK DAN BURUK MELALUI PERMAINAN TEBAK PERILAKU PADA ANAK KELOMPOK B PAUD DHARMA PUTRA KECAMATAN GURAH KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

RISA SUGIHARTANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0338P

Abstract

Abstrak RISA SUGIHARTANTI : Meningkatkan Kemampuan Mengenal Perilaku Baik dan Buruk Melalui Permainan Tebak Perilaku Pada Anak Kelompok B Paud Dharma Putra Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNP Kediri, 2016. Berdasarkan fenomena yang terjadi saat ini, dengan banyaknya anak yang kurang paham akan perilaku baik dan buruk maka peneliti ingin melakukan pengamatan dengan sebuah inovasi pembelajaran yang baru yaitu permainan tebak perasaan. Dengan adanya permainan ini di harapkan kemampuan anak khususnya dalam mengenal perilaku baik dan buruk dapat meningkat atau berkembang sesuai harapan.Permasalahan dalam penelitian ini adalah Adanya pengaruh lingkungan yang kurang mendukung dalam mengenal perilaku baik dan buruk, Peran orang tua yang belum maksimal dalan nengenalkan dan memberi contoh berperilaku yang baik, Pembelajaran yang di berikan guru cenderung monoton atau hanya melalui cerita bergambar, Tidak adanya media pembelajaran yang menarik bagi anak, Rendahnya kemampuan pengenalan perilaku baik dan buruk pada anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan (PTK) dengan subyek penelitian pada 11 anak di kelompok B dan dilakukan di Paud Dharma Putra. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan menggunakan instrumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), RencanaPelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), Lembar observasi untuk anak dan Lembar observasi aktivitas guru.Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa tindakan pembelajaran dengan menggunakan permainan tebak perilaku melalui metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan mengenal perilaku baik dan buruk pada kelompok B Paud Dharma Putra Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. Dari data hasil ketuntasan belajar terdapat peningkatan dalam setiap tahapnya. Hasil pada tahap Siklus I ialah 36 %, hasil pada Siklus II ialah 82 %, dan hasil pada Siklus III ialah 100 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa melalui perminan Tebak Perilaku dapat meningkatkan kemampuan mengenal perilaku baik dan buruk pada anak Kelompok B Paud Dharma Putra Kecamatan Gurh Kabupaten Kediri. Kata kunci: Kemampuan mengenal perilaku baik dan buru, permainan tebak perilaku, anak kelompok B

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI