UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF A-E MELALUI PERMAINAN PAHLAWAN HURUF (Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Kelompok Usia 3-4 Tahun di KB PAUD PKK Semanding Pagu Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018)


Author (Penulis)

ANA MIFTACHUL HIDAYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0330

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi guru yang menunjukkan masih rendahnya kemampuan pengembangan bahasa anak terutama dalam mengenal huruf a-e pada anak usia 3-4 tahun di KB PAUD PKK Semanding sebelum dilakukan tindakan. Hal ini disebakan karena usia 3-4 tahun anak baru pertama kali memasuki lembaga pendidikan sehingga baru mengenal huruf. Ke-2 anak kesulitan dalam membedakan simbol huruf, hal itu karena anak kurang paham mana garis tegak dan garis lengkung. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: Apakah melalui permainan Pahlawan Huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf a-e pada usia 3-4 tahun di KB PAUD PKK Semanding Pagu Kediri tahun pelajaran 2017/2018? Subjek pada tindakan penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun di KB PAUD PKK Semanding Pagu Kediri dengan jumlah 12 anak. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart, di dalam siklus terdapat 4 tahap diantaranya: tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik penilaiannya menggunakan penilaian unjuk kerja anak. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf a-e dapat ditingkatkan melalui permainan pahlawan huruf. Anak-anak diajak bermain pahlawan huruf dengan mengenal/menyebutkan simbol huruf. Ketuntasan belajar anak menunjukkan peningkatan dari kondisi pra tindakan 33,3%, meningkat pada siklus I menjadi 50%, pada siklus II meningkat menjadi 66,7%, dan siklus III meningkat 83,3%. Berdasarkan hasil pembahasan pada penelitian ini, dapat diambil kesimpulan bahwa permainan pahlawan huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf a-e pada usia 3-4 tahun di KB PAUD PKK Semanding Pagu Kediri tahun pelajaran 2017/2018


Keyword

a

Reference

Dhieni, Nurbiana dkk. 2007. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka

Dhieni, Nurbiana dkk. 2014. Metode Pengembangan Bahasa.Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Kusumah, Wijaya & Dedi Dwitagamah. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks

Seefeld, Carol & Barbara A Wasik. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta: PT INDEK

Sujiono, Yuliani Nurani. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT INDEKS

Suryani, Lilis dkk. 2008. Metode Pengembangan Prilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI