Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi guru yang menunjukkan masih rendahnya kemampuan pengembangan bahasa anak terutama dalam mengenal huruf a-e pada anak usia 3-4 tahun di KB PAUD PKK Semanding sebelum dilakukan tindakan. Hal ini disebakan karena usia 3-4 tahun anak baru pertama kali memasuki lembaga pendidikan sehingga baru mengenal huruf. Ke-2 anak kesulitan dalam membedakan simbol huruf, hal itu karena anak kurang paham mana garis tegak dan garis lengkung. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: Apakah melalui permainan Pahlawan Huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf a-e pada usia 3-4 tahun di KB PAUD PKK Semanding Pagu Kediri tahun pelajaran 2017/2018? Subjek pada tindakan penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun di KB PAUD PKK Semanding Pagu Kediri dengan jumlah 12 anak. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart, di dalam siklus terdapat 4 tahap diantaranya: tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik penilaiannya menggunakan penilaian unjuk kerja anak. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf a-e dapat ditingkatkan melalui permainan pahlawan huruf. Anak-anak diajak bermain pahlawan huruf dengan mengenal/menyebutkan simbol huruf. Ketuntasan belajar anak menunjukkan peningkatan dari kondisi pra tindakan 33,3%, meningkat pada siklus I menjadi 50%, pada siklus II meningkat menjadi 66,7%, dan siklus III meningkat 83,3%. Berdasarkan hasil pembahasan pada penelitian ini, dapat diambil kesimpulan bahwa permainan pahlawan huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf a-e pada usia 3-4 tahun di KB PAUD PKK Semanding Pagu Kediri tahun pelajaran 2017/2018
Dhieni, Nurbiana dkk. 2007. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka
Dhieni, Nurbiana dkk. 2014. Metode Pengembangan Bahasa.Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
Kusumah, Wijaya & Dedi Dwitagamah. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks
Seefeld, Carol & Barbara A Wasik. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta: PT INDEK
Sujiono, Yuliani Nurani. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT INDEKS
Suryani, Lilis dkk. 2008. Metode Pengembangan Prilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka