UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI PERMAINAN BOLA KATA PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA II PANDANTOYO KECAMATAN NGANCAR KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017-2018


Author (Penulis)

BINTIN NURUL WAKIDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0320

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena guru melihat kurangnya kemampuan berbicara pada anak kelompok B TK Dharma Wanita II Pandantoyo Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri masih sangat rendah. Hal ini disebabkan karena kegiatan pembelajaran yang diberikan guru kurang bervariasi, sehingga anak kurang tertarik saat belajar. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah pembelajaran menggunakan permainan bola kata dapat mengembangkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B TK Dharma Wanita II Pandantoyo Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri TahunPelajaran 2017/2018?”. Pendekatan Penilaian Tindakan Kelas (PTK) yang digunakan dalam penelitian ini dengan subjek penelitian 10 anak kelompok B, yang terdiri dari 5 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Terdapat tiga siklus dalam penelitian ini, yang tiap siklus terdiri dari empat tahapan. Instrumen penilaian berupa Tanya jawab dan lembar observasi guru, dengan teknik penilaian tanya jawab. Hasil penelitian ini dikatakan berhasil karena indikator keberhasilan dalam penilaian ini mencapai lebih dari 75%. Sebelum dilakukan tindakan atau pada pra tindakan,  persentase ketuntasan kemampuan berbicara  anak sebesar 20%. Mengalami peningkatan di siklus I yakni sebesar 50%, pada siklus II mencapai 60%, dan pada siklus III menjadi 80%.Kesimpulannya, bahwa melalui permainan bola kata pada anak kelompok B TK Dharma Wanita II Pandantoyo Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018,  kemampuan berbicara anak meningkat, dan hipotesis penelitian diterima


Keyword

a

Reference

Aisyah, Siti. dkk. 2017. Pembelajaran Terpadu. Jakarta:UniversitasTerbuka

B.E.F. Montolalu, dkk. 2012. Bermain dan Pembelajaran Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Dhieni, Nurbiana, dkk. 2011.  Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka

Dimyati, Johni 2003.  Metodologi Penelitian dan Aplikasinya pada PAUD. Jakarta: Kencana Prenada Media

Hildayani, Rini, 2007. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Hapidin, dkk. 2011. Manajemen Pendidikan TK/PAUD. Jakarta: Universitas Terbuka

Suryana, Deden – Mahyudin, Nenny 2015. Dasar-dasar Pendidikan, Jakarta: Universitas terbuka

Hildayani Rini, 2016. Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Universitas Terbuka.

Zaman, Badru, dkk, 2016. Media dan Sumber Belajar PAUD, Banten: Universitas Terbuka

UU nomor 20 tahun 2003. Sistim Pendidikan Nasional


PUBLISHED

2018-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI