MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN KURSI MUSIK PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN PAUD DHARMA WANITA II SUGIHWARAS


Author (Penulis)

RIZKA ANGGIAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0318

Abstract

Hasil dari pengamatan guru, bahwa perkembangan motorik kasar pada anak usia 3-4 tahun PAUD Dharma Wanita II Sugihwaras berkembang kurang maksimal. Hal ini terbukti dengan hasil ketuntasan belajar anak sebelum dilakukan tindakan hanya sebesar 29%. Dengan demikian guru melakukan tindakan berupa penerapan permainan kursi musik yang digunakan untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar anak. Permainan kursi musik diharapkan dapat meningkatkan perkembangan kemampuan motorik kasar anak usia 3-4 tahun PAUD Dharma Wanita II Sugihwaras. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc. Taggart dengan subyek penelitian anak kelompok bermain usia 3-4 tahun PAUD Dharma Wanita II Sugihwaras. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, dikumpulkan dengan teknik penilaian unjuk kerja menggunakan instrument pedoman atau rubrik unjuk kerja, sedangkan teknik analisis pengumpulan data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Setelah dilakukan tindakan berupa penerapan permainan kursi musik ditunjukkan hasil pencapaian ketuntasan hasil belajar pada siklus I yaitu 43%, pada siklus II mencapai 64%, dan pada siklus III ketuntasan hasil belajar anak mencapai 86%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan permainan kursi musik dapat meningkatkan perkembangan kemampuan motorik kasar pada anak usia 3-4 tahun PAUD Dharma Wanita II Sugihwaras Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri dan hipotesis diterima.


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Aditya Media.

Montolalu, dkk. 2008. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Padmonodewo, Soemiarti. 2003. Pendidikan Anak Pra Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sujiono, Bambang. 2008. Metode Perkembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Samsudin. 2008. Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Litera.

Sunardi dan Sunaryo. 2007. Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Depdiknas.

Suryana, Dadan. 2013. Materi Pokok Dasar-Dasar Pendidikan TK. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.


PUBLISHED

2018-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI