Berdasarkan hasil pengamatan guru dalam kelas ditemukan rendahnya kemampuan anak dalam membilang angka 1-20, hal tersebut disebabkan kurangnya penggunaan media yang kreatif inovatif dalam pembelajaran, selanjutnya guru kelas memecahkan masalah dengan menggunakan permainan pasar imitasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak dalam membilang angka 1-20 melalui kegiatan permainan pasar imitasi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Dharma Wanita I Sugihwaras yang berjumlah 15 anak. Jenis penelitian yang digunakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas model dari Kemmis dan Mc Taggart, yang dilakukan dalam tiga siklus, yang persiklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data kemampuan anak dalam meningkatkan kemampuan membilang angka 1-20 di kegiatan permainan pasar imitasi dikumpulkan dengan metode unjuk kerja melalui observasi. Data dianalisis dengan deskriptif kuantitatif yaitu perbandingan hasil dari kondisi awal hingga akhir penelitian dengan perbandingan kriteria ketuntasan minimal 75%. Analisis data menunjukkan peningkatan kemampuan membilang angka 1-20 pada anak kelompok B melalui kegiatan permainan pasar imitasi. Hal ini ditunjukkan dengan hasil masing-masing siklus yaitu siklus I 33,3%, siklus II 60% dan siklus III 93,4%. Dengan demikian hipotesis diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan permainan pasar imitasi dapat meningkatkan kemampuan membilang angka 1-20 pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita I Sugihwaras Tahun Pelajaran 2017/2018.
Anwar, Chairul (2017) Teori-Teori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer, Yogyakarta: IRCiSoD
Darmadi, Hamid. (2015) Desain dan Implementasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung: Alfabeta
M. Fadlillah. (2017) Bermain dan Permainan. Jakarta: Kencana
Montolalu, dkk.(2012) Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: UT
Sujiono Yulianti, N. (2013). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: UT.
Sujiono Yulianti, N. (2007). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: UT.
Suparno, Paul. (2010) Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget, Jakarta: Kanisius
Suharsimi Arikunto, Suhardhono, Supardi. (2016) Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: BumiAksara
Wijaya, Hari (2009) PAUD Melejitkan Potensi Anak Dengan Pendidikan Sejak Dini. Yogyakarta: mahardika Publicity.