UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGURUTKAN ANGKA 1-10 MELALUI PERMAINAN MENJEMUR DAN MENJEPIT PADA ANAK KELOMPOK USIA 4-5 TAHUN PAUD SMART KIDS DESA KLANDERAN KECAMATAN PLOSOKLATEN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

IMANIA MAJID
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0316

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan yang telah dilakukan oleh guru terkait dengan kemampuan mengurutkan angka 1-10 yang masih memerlukan stimulus dikarenakan kurangnya pemahaman anak tentang bentuk angka dan cara berhitung secara urut belum benar, sehingga dari kegiatan yang telah dilakukan aspek mengurutkan angka 1-10 anak masih belum berkembang secara optimal. Hal tersebut nampak dari hasil belajar anak didik yang masih rendah. Pemecahan masalah dalam penelitian ini adalah dengan memggunakan permainan Menjemur dan Menjepit diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam mengurutkan angka 1-10 pada anak kelompok Usia 4-5 Tahun  PAUD Smart Kids Desa Klanderan Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh data tentang kemampuan mengurutkan angka 1-10 pada anak kelompok Usia 4-5 Tahun sebelum dan sesudah dilakukan tindakan, melakukan tindakan berupa penerapan permainan Menjemur dan Menjepit sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemampuan mengurutkan angka 1-10, mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan anak sebelum dan sesudah dilakukan tindakan penelitian. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok Usia 4-5 Tahun  PAUD Smart Kids Desa Klanderan Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri, yang berjumlah 20 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen pembelajaran berupa RPPM dan RPPH. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan penilaian hasil unjuk kerja dan lembar observasi guru dan anak didik. Kesimpulan dari hasil observasi anak dalam mengurutkan angka 1-10 melalui permainan menjemur dan menjepit menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada setiap siklusnya. Terbukti dari hasil yang diperoleh anak pada Siklus I mencapai 45% (9 anak), pada Siklus II mencapai 70% (14 anak), dan pada Siklus III mencapai 90% (18 anak), sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil dengan baik dan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar anak


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suhaimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hildayani, Rini dkk. 2014. Psikologi Perkembangan Anak. Tangeramg: Universitas Terbuka.

Kusuma, Wijaya dan Dedi dwitagama. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: PT. Indeks .

Montolalu, B.E.F. dkk. 2014. Bemain dan Permainan Anak. Tanggerang: Universitas Terbuka.

Sujiono, Yuliani Nuraini dkk. 2007. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedagogia.

Utomo, Hanggara Budi. 2015. Implemntasi Permainan Menjepit Baju Untuk Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. (online) tersedia: http://www.researchgate.net/publication/273757280_IMPLEMENTASI_PERMAINAN_PENJEPIT_BAJUUNTUK_MENGEMBANGKAN_KEMAMPUAN_KOGNITIF_ANAK_USIA_DINI, diunduh 18 Desember 2017


PUBLISHED

2018-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI