MENINGKATKAN KEMAMPUAN POLA RITMIS MELALUI MEDIA MARAKAS PINGUIN PADA ANAK KELOMPOK USIA 5-6 TAHUN PAUD SAKA SEKOLAH ALAM KADIRI DESA JAJAR KECAMATAN WATES KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

SHOLICHATUN INAROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0314

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil penilaian perkembangan anak dalam kemampuan pola ritmis yang belum berkembang secara optimal karena media yang digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran hanya berupa botol kaca yang diisi air dan tidak adanya penyusunan pola nada secara tertulis, sehingga anak kurang tertarik dan mudah lupa dengan pola nada yang dimainkannya. Maka peneliti menggunakan media marakas pinguin untuk meningkatkan kemampuan pola ritmis. Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah  penggunaan media marakas pinguin dapat meningkatkan kemampuan pola ritmis pada anak Kelompok Usia 5-6 tahun PAUD SAKA SEKOLAH ALAM KADIRI Desa Jajar Kecamatan Wates Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/ 2018?”. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian adalah anak kelompok usia 5-6 tahun PAUD SAKA SEKOLAH ALAM KADIRI Desa Jajar Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian anak dan dokumentasi berupa foto kegiatan. Teknik penilaian berupa unjuk kerja. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar anak pada siklus I sebesar 40%. Pada siklus II, ketuntasan belajar anak meningkat nenjadi 70%. Persentase ketuntasan belajar anak pada siklus III telah mencapai 80%. Artinya, persentase ketuntasan belajar anak telah mencapai batas ketuntasan minimal yaitu 75%. Dengan demikian, kesimpulan penelitian ini adalah melalui media marakas pinguin dapat meningkatkan kemampuan pola ritmis pada anak kelompok usia 5-6 tahun PAUD SAKA SEKOLAH ALAM KADIRI Desa Jajar Kecamatan Wates Kabupaten Kediri, sehingga hipotesis penelitian ini diterima.


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Banoe, Pono. 2013. Metode Kelas Musik. Jakarta Barat: PT. Ideks.

Dermawanto, Agus. 2012. Penggunaan Media Alat Musik Ritmis dan Melodis Materi Mengenal Alat Musik Ritmis dan Melodis Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 01 Wiyorowetan Ulujami Pemalang. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Hilal, Rangga S. 2007. Alat-Alat Musik. Jakarta Barat: PT. Mapan.

Jatmika, Ovan Bagus M Sn. 2016. Teori Musik I Musik Tonal. Yogyakarta: Badan Penerbit ISI Yogyakarta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1994. Jakarta: Balai Pustaka.

Miller, Hugh M. 2017. Apresiasi Musik. Yogyakarta: Thafa Media.

Pekerti, Widia dkk. 2014. Metode Pengembangan Seni. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Prier, Karl- Edmund, SJ. 2014. Kamus Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Wulandari, Rina. 2012. Estetika Instrumental Anak Usia Dini. Yogyakarta: Penerbit Ombak.


PUBLISHED

2018-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 12 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI