MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGURUTKAN POLA BERDASARKAN LIMA SERIASI MELALUI MEDIA BAHAN DAUR ULANG PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH IV KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

RIMA NING TYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0310

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan yang terjadi di lapangan khususnya kelompok B-1 TK. Aisyiyah IV Kota Kediri berdasarkan pengamatan awal dan hasil diskusi dengan guru kelas menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak dalam mengurutkan pola berdasarkan 5 seriasi melalui media bahan daur ulang pada umumnya masih rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc. Taggart dengan menggunakan tiga siklus penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah anak Kelompok B TK AISYIYAH IV Kota Kediri tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah anak didik 15 anak, yaitu 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar penilaian unjuk kerja anak dan lembar observasi aktivitas guru. Dari hasil Penelitian Tindakan Kelas dengan tiga siklus diperoleh data nilai peningkatan kemampuan kognitif dalam mengurutkan pola berdasarkan lima seriasi melalui media bahan daur ulang dari pra siklus anak yang mendapat presentase ketuntasan anak mencapai 0%. Mulai membaik pada Siklus I dengan persentase ketuntasan yang didapatkan adalah sebesar 27%. Lalu meningkat kembali pada siklus II dengan persentase ketuntasan sebesar 67%. Pada siklus III persentase ketuntasan yang didapatkan adalah sebesar 93% dan hal ini telah melebihi minimal pencapian yaitu bintang tiga (75%) sehingga peneliti menghentikan tindakan ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa tindakan guru yang dilakukan guna meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengurutkan pola berdasarkan lima seriasi melalui media bahan daur ulang pada anak kelompok B1 TK Aisyiyah IV Kota Kediri berdasarkan hipotesis tindakan sebelumnya dinyatakan diterima.


Keyword

a

Reference

Anggoro, M. Toha, dkk. 2010. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2010. “ Penelitian Tindakan Kelas “. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Jamilah. 2013 Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Konsep Pola Melalui Media EVA Foam Pada Kelompok B TK Khadijah II Surabaya. Jurnal Mahasiswa, 2(2).

Musfiroh, Tadkiroatun. 2008. Cerdas Melalui Bermain. Jakarta: Grasindo.

Nurani, Sujiono, dkk. 2006. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Palupi, Garin Diah. 2013. Pengaruh Media Flascard terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan pada Anak Kelompok B TK AISYIYAH IV Kota Kediri. Jurnal Mahasiswa, 2(3).

Papalia, Diane E., Olds, Sally Wendkos & Feldman, Ruth Duskin. 2009. Human Development (Perkembangan Manusia) Edisi 10 buku 2. Jakarta : Salemba Humanika.

Permendikbud No 137, 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.

Puriati, Sri. 2013. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Menegelompokkan Benda Melalui Media Bahan Konkret Pada Anak Kelompok B PB. AN- NUUR Kelurahan Tosaren Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Sudarna. 2014. PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) BERKARAKTER Melejitkan Kepribadian anak secara utuh. Yogyakarta : Distribusi Nasional.


PUBLISHED

2018-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 12 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI