MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KEAKSARAAN AWAL MELALUI MEDIA BATU CANTIK PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA SEMEN KECAMATAN PAGU KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

BINTI IRKHAM KHASANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0305

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan bahasa dalam mengenal keaksaaan masih rendah. Penggunaan media batu cantik akan lebih menyenangkan bagi anak dalam mengenal aksara, karena media batu cantik sangat menarik bagi anak. Berdasarkan latar belakang tersebut dirumuskan permasalahan yang diteliti yaitu: “Apakah dengan menggunakan media batu cantik dapat meningkatkankan kemampuan mengenal keaksaraan awal pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Semen Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018?”. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sampel anak didik kelompok A TK Dharma Wanita Semen Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen penilaian berupa lembar penilaian unjuk kerja kemampuan menyebutkan aksara/huruf dengan media batu cantik dan lembar observasi guru. Hasil penelitian ini, yaitu media batu cantik terbukti berhasil dan mampu meningkatkankan kemampuan mengenal keaksaraan awal pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Semen Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis data penggunaan media batu cantik pada siklus I mencapai 46,15%, siklus II 69,23% dan siklus III 84,61%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Tindakan pembelajaran melalui penggunaan media batu cantik dapat meningkatkan kemampuan mengenal keaksaraan awal pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Semen Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018


Keyword

a

Reference

Anggun. 2016. Keaksaraan Awal. (online). Ruang guru dalam jaringan.kemendikbud.go.id>indeks>7 Des 2016, diunduh tanggal 18 Juli 2018.

Dhieni, Nurbiana. 2009. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Permata Puri Media

Lestariningrum, Anik. 2017. Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini. Nganjuk : Adjie Media Nusantara

Sugi, Bunda. 2015. Hasta Karya Unik Berbahan Alam. Yogyakarta : Diva Kids

Supartini, dkk. 2016. Modul Guru Pembelajar Taman Kanak - Kanak Kelompok Kompetensi A. Bandung : PPPPTK TK

Susanto. 2005. Dasar – Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Permendikbud No.146 Tahun 2014 tentang Standart Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini (STPAA)

Depdiknas. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 Tentang Standart Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jawa Timur: Depdiknas Bidang TK, SD, dan Pendidikan Khusus


PUBLISHED

2018-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 12 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI