UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN PENERAPAN MEDIA GAMBAR SERI PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA TENGGER KIDUL KECAMATAN PAGU


Author (Penulis)

TRI RAHAYU NGAFIATIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0302P

Abstract

ABSTRAK Tri Rahayu Ngafiatin : Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dengan Penerapan Media Gambar Seri Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Tengger Kidul Kecamatan Pagu, Skripsi PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2016 Latar belakang penelitian ini adalah keterbatasan kemampuan anak dalam mengungkapkan bahasa lisanya di kelas dikarenakan metode yang digunakan guru belum tepat dan belum sesuai dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak. Hal ini karena media yang digunakan belum tepat karena belum bisa membangkitkan minat anak dalam mengikuti pembelajaran dikarenakan media yang digunakan tidak menarik. Berdasarkan konteks penelitian diatas, permasalahan penelitian ini adalah: Apakah dengan penerapan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Tengger Kidul Kecamatan Pagu? Hipotesis penelitian ini adalah: penerapan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Tengger Kidul. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelompok B TK Dharma Wanita Tengger Kidul Kecamatan Pagu. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah RPPH, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah bila rata-rata kemampuan berbicara anak melalui media gambar telah mencapai 80%. Hasil penelitian ini adalah: media gambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak Kelompok B TK Dharma Wanita Tengger Kidul. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata kemampuan berbicara anak pada saat Pratindakan sebesar 62,2%. Kemudian terjadi peningkatan kemampuan berbicara anak melalui media gambar sebesar 21,5% yang sebelumnya pada waktu Pratindakan sebesar 62,2% menjadi 83,7% pasca tindakan pada Siklus I, dan pada tindakan Siklus II mengalami peningkatan lagi sebesar 10,4% dari siklus I yang sebelumnya 83,7% menjadi 94,1%. Kesimpulanya, penerapan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Tengger Kidul. Itu artinta hipotesis di terima. Kata Kunci: kemampuan berbicara, media gambar seri, anak kelompok B.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-11-02

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI