MENINGKATKAN PENGETAHUAN SAINS SEDERHANA MELALUI KEGIATAN BERMAIN JEMBATAN WARNA PADA ANAK KELOMPOK A PAUD PKK WATUGEDE PUNCU TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

RISA KURNIAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0301

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil penilaian bidang pengembangan pengetahuan sains sederhana anak yang masih tergolong rendah yaitu ketuntasan belajar yang hanya mencapai 28,58% sedangkan ketuntasan belajar minimal adalah 75%. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran dikelas belum berjalan optimal terutama dalam pengenalan sains sederhana, sehingga berdampak pada rendahnya pengetahuan tentang sains dalam mengenal warna. Permasalahan tersebut dipecahkan melalui metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berupa kegiatan bermain jembatan warna. Sehingga rumusan masalah ini adalah “Apakah Kegiatan Bermain Jembatan Warna dapat Meningkatkan Pengetahuan Sains Sederhana Anak Kelompok A PAUD PKK Watugede Puncu Tahun Pelajaran 2017/2018?”. Penelitian ini menggunakan PTK model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dengan tiga siklus dengan subjek penelitian yang berjumlah 14 anak. Data tentang kemampuan sains anak dikumpulkan dengan teknik tanya jawab dan data tentang pelaksanaan pembelajaran dikumpulkan dengan teknik observasi. Data ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Setelah dilaksanakan penelitian hasil penelitian menunjukkan ketuntasan belajar pada siklus I 35,71%, siklus II 42,86%, dan siklus III 78,57% dengan demikian hipotesis tindakan dinyatakan diterima karena ketuntasan belajar siklus III sudah mencapai 75%. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu kegiatan bermain  jembatan warna dapat meningkatkan pengetahuan sains sederhana pada anak kelompok A PAUD PKK Watugede Puncu Tahun Pelajaran 2017/2018


Keyword

a

Reference

Aisyah, Siti dkk. 2008. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak         Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Aditya Media

Sujiono, Yuliani Nurani. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks

Sujiono, Yuliani Nurani dkk. 2007. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.


PUBLISHED

2018-08-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI