MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN GEDRIK PADA ANAK KELOMPOK B TK AL HIDAYAH VIII DARUSSALAM PAKUNDEN SUKOREJO BLITAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
TUTIK MUASROPAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.01.11.0295p
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kemampuan motorik kasar anak kelompok B TK Al Hidayah VIII Darussalam masih belum sesuai dengan yang diharapkan.
Permasalahan penelitian ini adalah apakah permainan gedrik dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B TK Al Hidayah VIII Darussalam Pakunden Sukorejo Blitar Tahun Pelajaran 2015-2016?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kel B TK Al Hidayah VIII Darussalam. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus menggunakan instrumen berupa RKH, lembar observasi aktifitas siswa, lembar observasi aktivitas guru.
Simpulan hasil penelitian ini adalah penerapan permainan gedrik dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B TK Al Hidayah VIII Darussalam, Pakunden Kecamatan Sukorejo Kota Blitar.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok penggunaan permainan gedrik adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang bisa meningkatkan kemampuan motorik kasar anak. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah penggunaan permainan gedrik sesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik siswa.