MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PERMULAAN MEMBACA MELALUI PERMAINAN TEBAK KATA KELOMPOK A TK AL HIDAYAH MALIRAN 1 KECAMATAN PONGGOK KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
NURUL TOATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.01.11.0291P
Abstract
ABSTRAK
NURUL TOATI: Mengembangkan Kemampuan Permulaan Membaca Melalui Permainan Tebak Kata Kelompok A Tk Al Hidayah Maliran 1 Desa Maliran Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2015/2016,Skripsi, PG PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016.
Penelitian ini dilator belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa permulaan membaca pada anak kelompok A masih kurang. Akibatnya suasana kelas monoton dan membosankan. Hal tersebut nampak dari membaca anak yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnya pun juga rendah.
Permasalahannya penelitian ini adalah Bagaimanakah Mengembangkan Kemampuan Permulaan Membaca Melalui Permainan Tebak Kata Kelompok A Tk Al Hidayah Maliran 1 ?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A Tk Al Hidayah Maliran 1. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RPP, lembar observasi aktivitas guru, dan analisis data.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah untuk melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah – langkah yang efektif penerapan. Bermain tebak kata yang efektif untuk mengembangkan permulaan membaca anak.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) Tujuan pokok penggunaan Bermain tebak kata adalah untuk mengembangkan kemampuan membaca. Oleh sebab itu, guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana bermain menyenangkan. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah bermain tebak kata dapat mengembangkan kemampuan permulaan membaca anak.
Kata Kunci: Permulaan Membaca, bermain, tebak kata