Berdasarkan hasil penilaian perkembangan anak diketahi bahwa kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak kelompok A TK Alhidayah II Tawangrejo Wonodadi Blitar Tahun Pelajaran 2017/2018 belum berkembang, dari 20 anak yang sudah mampu mengenal bentuk geometri 4 anak, 7 anak mulai mampu mengenal bentuk geometri, dan 9 anak belum mampu mengenal bentuk geometri. Hal ini disebabkan penggunaan media pembelajaran terbatas, proses pembelajaran di kelas kurang maksimal, dan metode yang digunakan ceramah , guru hanya bercerita di depan menerangkan bentuk geometri, akibatnya proses belajar mengajar kurang kondusif. Permasalahan ini dipecahkan dengan permainan pindah kamar, dengan rumusan masalah apakah melalui permainan pindah kamar dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk gometri pada anak kelompok A TK Alhidayah II Tawangrejo Wonodadi Blitar Tahun Pelajaran 2017/2018?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis Mc Taggart yang dilaksanakan melalui 3 siklus, pengumpulan data yang digunakan adalah unjuk kerja dan observasi. Data dianalisis dengan teknik Deskriptif Kuantitatif dengan cara membandingkan persentase ketuntasan belajar sebelum dan sesudah tindakan dengan norma ketuntasan minimal 75 %. Hasil PenelitianTtindakan Kelas menunjukkan bahwa sesudah dilakukan tindakan hasilnya meningkat dari pra tindakan dengan persentase ketuntasan 20% menjadi 30% pada siklus I, pada siklus II persentase ketuntasan belajar mningkat menjadi 65%, dan pada siklus III menigkat lagi menjadi 90%. Dengan demikian hepotesis tindakan dinyatakan diterima. Dan kesimpulannya adalah melalui permainan pindah kamar dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak kelompok A TK Alhidayah II Tawangrejo Wonodadi Blitar Tahun pelajaran 2017/2018
Kw, Lestari. 2011. Konsep Matematika. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jederal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Inforal, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.
Padmonodewo, Soemiarti. 2003. Pendidikan Anak Pra Sekolah Jakarta : PT Rineka Cipta.
Sujiono, Yuliani Nurani, dkk. 2009. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta : Universitas Terbuka.
Suyadi. 2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini (Nita Nur, Ed). Bandung PT Remaja Rosda Karya Offset.
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.
Tarigan, Daitin. 2006. Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Triharsono, Agung 2013. Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta : CV Andi Offset.