MENGEMBANGKAN FISIK MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN BERLARI HITAM HIJAU PADA ANAK KELOMPOK B TK AL-HIDAYAH 05 PIKATAN KECAMATAN WONODADI KABUPATEN BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

ELY SITI UMROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0283

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa belum berkembangnya kemampuan fisik motorik kasar anak kelompok B, dalam fisik motorik kasar anak akan mengalami hambatan, dan belum berkembangnya kemampuan anak dapat di sebabkan oleh beberapa faktor, yaitu kurangnya stimulus yang diberikan, pendidik kurang kreatif dalam menyampaikan pembelajaran, serta karena media yang digunakan kurang menarik minat dan konsentrasi anak sehingga mempengaruhi kemampuan anak. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah melalui permainan berlari hitam hijau dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B TK Al-Hidayah 05 Pikatan Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar Tahun ajaran 2017/2018? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok B TK Al-Hidayah 05 Pikatan Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar Tahun ajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa Rencana Program Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH), Lembar Unjuk Kerja Siklus I, II, dan III.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B TK Al-Hidayah 05 Pikatan Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar Tahun ajaran 2017/2018 melalui permainan hitam hijau mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari persentase kriteria ketuntasan minimal kemampuan anak dalam permainan Berlari Hitam Hijau mengalami peningkatan dari pra tindakan sampai pada siklus III. Pada pra tindakan penilaian mencapai 6,6%, kemudian dilakukan tindakan siklus I mengalami peningkatan menjadi 26,7%. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 59,8%. Selanjutnya peningkatan siklus III persentase ketuntasan belajar sebesar 86,7%


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

 

Aisyah, Siti. (2008). Pengembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta:Universitas Terbuka.

 

Aisyah, Siti, dkk. (2010). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

 

Bahagia, Yoyo. (2010). Media Dan Pembelajaran Penjas. Bandung : FPOK UPI.

 

Depdiknas. (2004). Pedoman Khusus Pengembangan Silabus Berbasis Kompetensi SMP Mata Pelajaran Pengetahuan Alam. Jakarta : Depdiknas.

 

Djumidar. 2001. Dasar-Dasar Atletik. Jakarta : Universitas Terbuka.

 

Heryana, Dadan. (2010). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk siswa SD-MI kelas V.Jakarta. Kementerian Pendidikan Nasional.

 

Jamaris, Martini. (2006).Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Gramedia.

 

Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

Moeslichatoen, R. (2004). Metode Pengajaran Di Taman Kanak – Kanak. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

 

Patmonodewo, Soemiarti. (2003). Pendidikan Anak Pra Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Purnomo, Eddy. (2007). Pedoman Mengajar Dasar Gerak Atletik. Yogyakarta Universitas Negeri Yogyakarta.

 

Sujiono, Yuliani Nurani. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks

 

Solehudin. (1997). Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung: Depdikbud.

 

Suyanto, (2005). Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

 

Shapiro Lawrence, E. (1997). Mengajarkan Kecerdasan Emosional Pada Anak. Jakarta : Gramedia Utama .

Simanjuntak, Julianto. (2007). Mendidik Anak Sesuai Zaman Dan Kemampuannya.Tangerang: LK3.

 

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung : Remaja Rosdakarya.

 

Sugiyanto. (2010). Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta : Yuma Pustaka.

 

Setyawahyuni, T. (2007). Peranan Aktivitas  Bermain dan Pengaruhnya terhadap Perkembangan Motorik Anak TK. Semarang: IKIP PGRI Semarang.


PUBLISHED

2018-08-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI