MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PERMAINAN TEMUKAN AKU PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA 01 MALIRAN KECAMATAN PONGGOK KABUPATEN BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

MUJILAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0274

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, belum berkembangnya kemampuan membaca anak kelompok B TK Dharma Wanita 01 Maliran Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2017/2018, dalam membaca anak mengalami hambatan, dan belum berkembangnya kemampuan anak dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu kurangnya stimulasi yang diberikan, pendidik kurang kreatif dalam menyampaikan pembelajaran, serta karena media yang digunakan kurang menarik minat dan konsentrasi anak sehingga mempengaruhi kemampuan membaca anak. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah melalui media Permainan Temukan Aku dapat meningkatkan kemampuan membaca anak Kelompok B TK Dharma Wanita 01 Maliran Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok B TK Dharma Wanita 01 Maliran Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa Rencana Program Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH), Lembar Unjuk Kerja Siklus I, II, dan III. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca pada anak kelompok B TK Dharma Wanita 01 Maliran Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2017/2018 dengan permainan Temukan Aku mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari persentase kriteria ketuntasan minimal kemampuan membaca anak melalui permainan Temukan Aku mengalami peningkatan dari pra tindakan sampai pada siklus III. Pada pra tindakan penilaian mencapai 27,8%, kemudian dilakukan tindakan siklus I mengalami peningkatan menjadi 38,9%. Pada siklus siklus II mengalami peningkatan menjadi 72,2%. Selanjutnya siklus III persentase ketuntasan belajar meningkat menjadi 88,9%.


Keyword

a

Reference

Aisyah, Siti. 2010. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

 

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

 

Arsyad, Azhar. 2014. Metode Pembelajaran. Jakara: Rajawali Pers.

 

Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakara: Rajawali Pers.

 

Dhieni, Nurbiana. 2009. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universiatas Terbuka.

 

Fadlillah, Muhammad. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini & Aplikasinya dalam PAUD. Jogjakarta: A-Ruzz Media.

 

Mursid. 2015. Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

 

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

 

Sujiono, Yuliani Nurani. 2008. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

 

Suyadi. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

 

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

 

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

 

Munawaroh, Siti. 2015. Mengembangkang Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Ular Stiker Alphabets pada Anak Kelompok A RA Perwanida Kampungbaru Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Kediri: FKIP UN PGRI Kediri.


PUBLISHED

2018-08-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI