PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DENGAN PEMANFAATAN BARANG BEKAS TK AL-HIDAYAH 03 TAWANGREJO KECAMATAN WONODADI KABUPATEN BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

NURUL ANDRIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0271

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa rendahnya kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Al-Hidayah Tawangrejo 03 Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2017/2018 dikarenakan beberapa hal diantaranya kurang percaya diri dalam berkreasi dan berimajinsasi, cenderung meniru apa yang dicontohkan oleh guru, tidak hanya itu pendidik juga kurang perhatian terhadap anak didiknya, media yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar kurang menarik, dan kurangnya stimulus yang diberikan oleh guru ataupun orang tua. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah tindakan guru dalam pemanfaatan barang bekas dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Al-Hidayah 03 Tawangrejo  Kec. Wonodadi Kab. Blitar Tahun ajaran 2017/2018? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok B TK Al-Hidayah 03 Tawangrejo  Kec. Wonodadi Kab. Blitar Tahun ajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa Rencana Program Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH), Lembar Unjuk Kerja Siklus I, II, dan III. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus pada anak kelompok B TK Al-Hidayah 03 Tawangrejo  Kec. Wonodadi Kab. Blitar Tahun ajaran 2017/2018 dengan pemanfaatan barang bekas mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari persentase kriteria ketuntasan minimal kemampuan anak dalam pembuatan stempel botol bekas mengalami peningkatan dari pra tindakan sampai pada siklus III. Pada pra tindakan penilaian mencapai 13,3%, kemudian dilakukan tindakan siklus I mengalami peningkatan menjadi 26,6%. Pada siklus siklus II mengalami peningkatan menjadi 60%. Selanjutnya siklus III persentase ketuntasan belajar meningkat menjadi 80%


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Anik, Pamilu. 2007. Mengembangkan Kreativitas Dan Kecerdasan Anak. Jakarta : Buku kita.

Ahmad Tafsir. 1992. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam,Bandung: Remaja Rosdakarya.

Aisyah, Siti. 2008. Pengembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia

Dini. Jakarta:Universitas Terbuka.

Bredekamp, Sue dan Copple. 1997. Developmentally Appropriate Practice in Early.Childhood Programs. Washington DC: National Association.

Depdiknas. 2004. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus Berbasis Kompetensi SMP Mata Pelajaran Pengetahuan Alam. Jakarta : Depdiknas.

Desmita. 2005. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Freeman, Joan, dan Munandar, Utami. 2001. Cerdas dan Cemerlang. Jakarta: PT. Sun.

Hainstock, E. G.2002. Montessori untuk Anak Prasekolah. Jakarta: Pustaka Delaprasta.

Hartati, Sofia. 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hurlock, Elizabeth B. 1999. Perkembangan Anak Jilid 1 Edisi 6. Jakarta: Erlangga.

Hurlock, Elizabeth B. 1996. Psikologi Perkembangan: Suatu Kehidupan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Jamaris, Martini. 2006. Perkembangandan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Gramedia.

Ma’shumah, Lift Anis. 2001. Pembinaan Kesadaran Beragama Pada Anak, dalam SM (eds), Paradigma Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Mulyadi Seto. 2004. Bermain dan Kreativitas. Jakarta: Papas Sinar Sinanti.

Moeslichatun, R. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Nursalam, dkk. 2005. Asuhan Keperawatan Bayi dan Anak (untuk Perawat dan Bidan) Edisi 1. Jakarta: Salemba Medika.

Purwaini, Sri. 2015. Kegiatan Menggambar di Atas Air untuk Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Halus pada Anak Kelompok B TK DW Lirboyo Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Jurnal Vol. 1 No. Hlm. 7.

Soetjiningsih. 1995. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC.

Sujiono, Bambang. 2008. Metode Perkembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Pendidikan Nasional.

Sumantri, MS. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Dinas Pendidikan.

Simanjuntak, Julianto. 2007. Mendidik Anak Sesuai Zaman Dan Kemampuannya.Tangerang: LK3

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedagogia.

Santrock, John W. 2011. Masa Perkembangan Anak: Terjemahan Verawatay Papakhan dan Wahyu Anugraheni. Jakarta: Salemba Humanika.

Santrock, John W. 2007. Masa Perkembangan Anak: Terjemahan Mila Rachmawati dan Anna Kuswanti. Jakarta: Erlangga.

Solehudin. 1997. Konsep dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung: Depdikbud. IKIP Bandung.

Suyanto. 2005. Konsep Dasar Anak Usia Dini: Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Yudha, M. Saputra, dan Rudiyanto. 2005. Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.


PUBLISHED

2018-08-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI