MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MELALUI MEDIA KARTU POHON BAHASA JAWA PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH 3 NGUNUT KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

TEMON APRILIANA NINGRUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0262

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kurang berkembangnya pendidikan karakter santun pada anak kelompok B TK Aisyiyah 3 Ngunut Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, pertama proses pembelajaran di kelas oleh guru yang kurang optimal, kurangnya media pendidikan karakter yang menarik minat anak serta kurangnya stimulasi pendidikan karakter santun dari guru dan keluarga. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah dengan media kartu pohon bahasa Jawa mampu mengembangkan pendidikan karakter anak kelompok B TK Aisyiyah 3 Ngunut Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok B TK Aisyiyah 3 Ngunut Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung Tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa Rencana Program Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH), Lembar Unjuk Kerja Siklus I, II, dan III. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan dalam mengenal pendidikan karakter santun pada  anak kelompok B TK Aisyiyah 3 Ngunut  Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung Tahun pelajaran 2017/2018 melalui media kartu pohon bahasa Jawa mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari persentase kriteria ketuntasan minimal kemampuan anak yang mengalami peningkatan dari pra tindakan sampai pada siklus III. Pada pra tindakan penilaian tidak ada anak yang masuk kategori tuntas atau 0% kemudian dilakukan tindakan siklus I mengalami peningkatan menjadi 23,7%. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 58,8%. Selanjutnya peningkatan siklus III persentase ketuntasan belajar sebesar 82,5%


Keyword

a

Reference

Alwisol. 2006. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Bina Aksara.

Beck. Laura E. 2006. Child Development. Boston:New York: Allyn & Bacon 

Darmiyati Zuchdi. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensial. Yogyakarta: UNY Press

Doni A Koesoema . 2007. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo

Fadlillah, Muhammad & Lilif Mualifatu  Khorida. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hartanti, Sofia. 2005. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Laksana

Kelleough, Eileen.dkk. 1996. Profil Perkembangan Anak. Hal 57. Jakarta : PT. Indeks

Kusuma, Dewi. 2009. Pemasaan sopan santun untuk Anak. Tersedia dalam http://indteacher.wordpress. com/2009/05/06/. Diunduh pada tanggal 8 September 2017.

Mansur, Agus. 2009. Anak Usia Dini. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muchlas Samani, & Hariyanto. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Model. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Mulyasa. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara

Sujiono, Yuliana Nuraini, dkk. 2009. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta : Universitas Terbuka

Suyanto, Slamet. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Hal 28. Jakarta: Depdiknas

Sumi Suhartinah. (2012). “Pendidikan Karakter di TK Al Azhar Syifa Budi Pahrayangan”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Suyono dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryanto dan Afandi. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta

Sudaryono, F. Totok. 2012. Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Seni. Semarang: UNNES Pres.

Tuhana Taufiq Andrianto. 2012. Mengembangkan Karakter Sukses Di Era Cyber. Yogyakarta: Ar-ruzz

Tim Pendidikan Karakter. 2010. Pendidikan Karakter Di SMP. Kementerian Pendidikan Nasional Ditjen Mandikdasmen Direktorat Pembinaan SMP. 

Undang-Undang  Republik   Indonesia   Nomor  20 tahun 2003.  Tentang Sistem   Pendidikan Nasional. Jakarta.


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI