MENGEMBANGKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN WAYANG KARDUS PADA KELOMPOK B DI RA ANNUR PURWOREJO KECAMATAN DONOMULYO KABUPATEN MALANG TAHUN 2017/2018


Author (Penulis)

PUPUH WAHYU PERTIWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0258

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman penulis, bahwa kurang variatifnya metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru diyakini mengakibatkan anak tidak termotivasi untuk mengikuti kegiatan pengembangan rasa percaya diri. Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah apakah dengan metode bercerita menggunakan wayang kardus untuk meningkatkan rasa percaya diri anak kelompok B RA ANNUR Purworejo Tahun Ajaran 2017/2018? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 3(tiga) siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam 1 (satu) kali pertemuan. Setiap pertemuan ada 4 (empat) langkah kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rencana Program Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH), lembar penilaian unjuk kerja anak, dan lembar observasi kegiatan pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B RA ANNUR Purworejo Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang yang berjumlah 21 anak, terdiri dari 11 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan metode bercerita menggunakan wayang kardus dalam pembelajaran terbukti dapat mengembangkan rasa percaya diri anak kelompok B RA ANNUR Purworejo Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang Tahun 2017/2018. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar anak yang mengalami peningkatan di setiap siklus. Pada Siklus I ketuntasan belajar yang didapat adalah sebesar 61,9%, pada siklus II sebesar 76,19%, dan pada hasil siklus III sebesar 90,47%.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

 

Andayani dan Afiatin. 1996. Konsep Diri,

Harga Diri, dan Kepercayaan Diri.

Jurnal Psikolosi.

 

Arikunto. 2010. Penelitian Tindakan Kelas

            Jakarta: Bumi Aksara.

 

Arie Abimanyu. 2009. Fungsi Wayang dan

            Wayang Sebagai Sarana

Pendidikan.

http://arieabimanyu.blogspot.com

(diakses, 11 November 2017)

 

Ghufron & Risnawati. 2010. Konsep Diri,

Harga Diri, dan Kepercayaan Diri. Jurnal Psikologi. 23-30.

 

Nuraeni.2010. Meningkatkan Kepercayaan

            Diri Pada Anak.

            www.edukasi.kompasima.com

            (diakses, 11 November 2017)


PUBLISHED

2018-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI