MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGURUTKAN ANGKA 1-10 MENGGUNAKAN MEDIA BENTUK SERANGGA DARI BIJI SALAK PADA ANAK DIDIK KELOMPOK A RA NURUL HUDA DESA SUMBEREJO WETAN KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

LAILATUL BADRIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0250

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman penulis bahwa rendahnya kemampuan mengurutkan angka di RA Nurul Huda Desa Sumberejo Wetan pada kelompok A Tahun Pelajaran 2017/2018 disebabkan oleh: (1) proses pembelajaran masih menekankan pengajaran yang berpusat pada guru, (2) metode yang digunakan oleh guru masih menggunakan praktik-praktik paper- pencil test. Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui penggunaan media bentuk serangga dari biji salak mampu mengembangkan kemampuan mengurutkan angka 1-10 pada anak didik kelompok A RA Nurul Huda Desa Sumberejo Wetan Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018?” Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A RA Nurul Huda Desa Sumberejo Wetan Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 23 anak yang terdiri dari 13 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa Rencana Program Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH), Lembar Penilaian Anak dan Lembar Observasi Kegiatan Guru. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media bentuk serangga dari biji salak terbukti dapat meningkatkan kemampuan mengurutkan angka 1-10 pada anak kelompok A RA Nurul Huda Desa Sumberejo Wetan Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018.  Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar pada pra tindakan sebesar  17,4%, mengalami peningkatan menjadi 30,4% pada siklus I, lalu meningkat menjadi 43,5% pada siklus II. Selanjutnya meningkat lagi sebesar 78,3% pada siklus III.


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Anggraeni, Maya. 2011. Bilangan dan Belajar. Hal. 14. Semarang: Tiga Serangkai.

Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Hal 28. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Copley. 2001. Belajar Angka yang Menyenangkan. Hal 24. Klaten: Intan Pariwara

Danielson. 2010. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kompetensi Dasar Anak Usia Dini.        Hal 26. Jakarta

Hasan, Mulyadi. 2010. Anak Usia Dini. Jakarta: Raja Grafindo.

http://www.wikipedia.pengertian_salak, diakses tanggal 23 Oktober 2017

Jean Piaget. 1996. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kelleough, Eileen.dkk. 1996. Profil Perkembangan Anak. Hal 57. Jakarta : PT. Indeks

Moeslichantoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Hal 16, 21. Jakarta: Rineka Cipta

Mansur, Achmad. 1998. Kemampuan Kognitif pada Anak Usia Dini. Hal 72. Semarang: Tiga Serangkai

Mansur, Agus. 2009. Anak Usia Dini. Hal. 6. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nurlaela, A. 2009. Peningkatan Kemampuan Mengenal Bilangan pada Anak Usia Dini. Hal 25. Bandung : FIP UPI

Rosmala, Nur. 2013. Perkembangan Kognitif Anak. Hal. 8.6. Jakarta: PT. Karunia Cipta.

Santrock, John.W. 2007. Perkembangan Anak Jilid l. Hal 10. Jakarta: Erlangga

Sujiono, Yuliana Nuraini, dkk. 2009. Metode Pengembangan Kognitif. Hal 15, 21. Jakarta : Universitas Terbuka

Sujiono, Yuliana Nurani, dkk. 2013. Metode Pengembangan Kognitif. Hal 10. Jakarta: Universitas Terbuka

Suyadi, Noer. 2010. Kemampuan Kognitif AUD. Semarang: Tiga Serangkai.

Suyanto, Slamet. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Hal 28. Jakarta: Depdiknas

Susanto, Ahmad. 2013. Kemampuan Kognitif AUD. Hal. 65. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syamsiatin, Nur. 2013. Perkembangan Anak Usia Dini. Hal. 154. Semarang: Tiga Serangkai.

Tajudin. 2008. Mengenal Lambang Bilangan. Hal 24. Klaten: Intan Pariwara

Undang-undang No. 20 Tahun 2013. Sistem Pendidikan Nasional. Hal 1. Jakarta : Depdiknas

Yuliani, Nurlela. 2014. Pembelajaran Geometri Anak Usia Dini.  Jakarta: Raja Grafindo Persada.


PUBLISHED

2018-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 12 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI