Berdasarkan dari hasil pengamatan yang telah dilakukan penulis di TK Alhidayah Maliran 1 tahun pelajaran 2017-2018 telah ditemukan masalah tentang kemampuan seni anak yang masih sangat rendah. Anak kurang berminat dalam melakukan kegiatan seni. Hal ini disebabkan karena metode yang dipergunakan oleh pendidik monoton dan tidak menyenangkan.Oleh karena itu, penulis menerapkan kegiatan membuat hiasan dari buah-buahan. Diharapkan kegiatan ini dapat mengembangkan kemampuan seni anak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B di TK Alhidayah Maliran 1 Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar tahun pelajaran 2017-2018 yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 13 anak perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain Rencana Program Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH), lembar penilaian unjuk kerja anak, dan lembar observasi kegiatan guru dalam pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran melalui kegiatan membuat hiasan dari buah-buahan terbukti dapat mengembangkan kemampuan seni pada anak kelompok B TK Alhidayah Maliran 1 Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2017-2018. Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan prosentase ketuntasan belajar dari pra-tindakan sebesar 5%, siklus I meningkat menjadi sebesar 60%, siklus II meningkat lagi sebesar 90%.
Dra, Widia Pekerti, M.Pd.I. dkk. 2016. Metode Pengembangan Seni. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka. http://www.kamusq.com.buah diunduh 27 Mei 2018.
http://muntoharoh.blogs.uny.ac.idpentingn ya-seni-penyajian-makanan-dalam-sebuah-hidangan diunduh 27 Mei 2018.
Herlina, ( Lif dan Sofan Amri: 2011) Tehnik Seni Rupa Terapan Nusantara. Malang: Universitas Negeri Malang.
Muhibbin Syah, M. 2002. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru (Anang Wardan, Ed). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Samuel S. Lusi & Ricky Arnold Nggili. 2013. Asyiknya Penelitian Ilmiah dan Peneliatian Tindakan Kelas (Maya, Ed). Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.