Dari pengamatan yang penulis lakukan di kelompok B TK Dharma Wanita Bangsri Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar tahun pelajaran 2017/2018 ditemukan bahwa belum semua anak mempunyai kemampuan fisik-motorik kasar yang sesuai dengan harapan guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik kelompok B berjumlah 20 siswa, terdiri dari 12 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari satu pertemuan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui permainan Teka-Teki Gerak Kreatif terbukti dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Bangsri Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar tahun ajaran 2017/2018. Dengan dilakukannya tindakan siklus I sampai siklus III, keterampilan motorik kasar anak mengalami perkembangan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat pada pra tindakan persentase ketuntasan belajar sebanyak 40% meningkat menjadi 55% pada siklus I, meningkat lagi menjadi 75% pada siklus II, dan mencapai 90% pada siklus III.
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka.
Depdiknas. 2003. Pembuatan dan Penggunaan APE Anak Usia Dini 3-6 Tahun. Jakarta : Direktorat PAUD Dirjen PLSP.
Hartati, S. 2005. Perkembangan Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Ismail. 2006. Education Games Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media.
Montolalu. 2009. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka
Musfiroh, T. 2005. Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Depdiknas.
Musfiroh T. 2012. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Tangerang: Universitas Terbuka
Samsudin. 2008. Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Prenada media grup.
Sumantri. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Suyanto, S. 2003. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Trianto. 2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
UUD No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.