UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN TEKA-TEKI GERAK KREATIF PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA BANGSRI KECAMATAN NGLEGOK KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

DWI ERLINAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0243

Abstract

Dari pengamatan yang penulis lakukan di kelompok B TK Dharma Wanita Bangsri Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar tahun pelajaran 2017/2018 ditemukan bahwa belum semua anak mempunyai kemampuan fisik-motorik kasar yang sesuai dengan harapan guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik kelompok B berjumlah 20 siswa, terdiri dari 12 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari satu pertemuan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui permainan Teka-Teki Gerak Kreatif terbukti dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar  pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Bangsri Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar tahun ajaran 2017/2018. Dengan  dilakukannya tindakan siklus I sampai siklus III, keterampilan motorik kasar anak mengalami perkembangan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat pada pra tindakan persentase ketuntasan belajar sebanyak 40% meningkat menjadi 55% pada siklus I, meningkat lagi menjadi 75% pada siklus II, dan mencapai 90% pada siklus III.


Keyword

a

Reference

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka.

Depdiknas. 2003. Pembuatan dan Penggunaan APE Anak Usia Dini  3-6  Tahun. Jakarta : Direktorat PAUD Dirjen PLSP.

Hartati, S. 2005. Perkembangan Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Ismail.  2006. Education  Games Menjadi  Cerdas  dan  Ceria  dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media.

Montolalu. 2009. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Musfiroh, T. 2005. Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Depdiknas.

Musfiroh T. 2012. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Tangerang: Universitas Terbuka

Samsudin. 2008. Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-kanak.   Jakarta: Prenada media grup.

Sumantri. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Suyanto, S. 2003. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Trianto. 2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

UUD No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI