MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN TARI TRADISIONAL RAMPAK ANAK KELOMPOK B TK AL HIDAYAH NGLEGOK 02 KECAMATAN NGLEGOK KABUPATEN BLITAR TAHUN AJARAN 2017-2018


Author (Penulis)

ANIS HIDAYATUL LAILI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0240

Abstract

Berdasarkan hasil dari  pengamatan  pada  anak  kelompok  B  di  TK  Al  Hidayah  Nglegok  02  Tahun  Ajaran  2017  –  2018 telah  ditemukan  masalah  tentang  kemampuan  motorik  kasar  anak  yang  masih  rendah.  Anak  kurang berminat dalam melakukan kegiatan pengembangan motorik kasar salah satunya pada kegiatan lompat tali  tanpa  terjatuh.  Oleh  karena  itu,  penulis  menerapkan  kegiatan  Tari  Tradisional  Rampak  anak. Diharapkan  penerapan  kegiatan  Tari  tradisional  Rampak  anak  dapat  mengembangkan  kemampuan motorik kasar anak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).  Model  Penelitian  Tindakan  ini  dilakukan  dalam  3  siklus  yang  diaambil  dari  Kemmis  dan Taggart.  Setiap  siklus  terdiri  dari  empat  tahap  yaitu  :  perencanaan,  pelaksanaan,  pengamatan,  dan refleksi.  Subjek  penelitian  ini  adalah  anak  didik  kelompok  B  yang  berjumlah  14  anak.  Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi yang berupa pengamatan ketika proses pembelajaran dan Dokumentasi berupa foto hasil kegiatan guna diamati dan dinilai, sedangkan dalam  teknik  penilaian  anak  menggunakan  teknik    unjuk  kerja.Kesimpulan  penelitian  ini  adalah penerapan kegiatan Tari Tradisional Rampak anak dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar pada  anak  kelompok  B  TK  Al  Hidayah  Nglegok  02  Kecamatan  Nglegok  Kabupaten  Blitar  Tahun ajaran  2017  –  2018.  Hal  ini  dapat  dibuktikan  dengan  hasil  persentase  ketuntatsan  belajar  dari  pra tindakan sebesar 35,71%, siklus I sebesar 50%, siklus II sebesar 71,43%, siklus III sebesar 85,71%. 


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsmi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta 
Arikunto, Suhardjono, Supardi.   2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nawatri, Yuni. 2015. Nilai–Nilai Pendidikan  Karakter Tari Rampak Karya Untung   
Muljono.  (online). tersedia: http://eprinst.uny.ac.id, diunduh 15 Desember 2017. Pekerti, Widia. 2009. Metode Pengembangan Seni. Jakarta: Universitas Terbuka


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI