Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan yang menemukan adanya permasalahan pada anak kelompok A TK AL Khodijah Ngentrong Campurdarat Tulungagung dalam berhitung, yaitu kemampuan membilang 1-10. Hal ini dikarenakan kegiatan pembelajaran yang masih berpusat pada guru, sehingga anak merasa bosan dalam kegiatan belajar. Oleh karena itu, disini peneliti akan melakukan perbaikan pembelajaran melalui penelitian dengan media power point. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan media power point ini dapat mengembangkan kemampuan berhitung anak, dan diharapkan setelah diadakannya tindakan pembelajaran melalui media power point ini kemampuan anak dapat meningkat dan berkembang dengan baik. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah anak kelompok A TK Al Khodijah Ngentrong yang berjumlah 16 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 9 anak perempuan dengan menggunakan 3 siklus. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tehnik penilaian unjuk kerja dengan menggunakan lembar penilaian anak dan lembar observasi guru. Hasil penelitian pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan, kemampuan anak yang berkembang sebanyak 5 anak dengan perolehan prosentase 31,25%. Pada siklus I,II dan III diketahui ada peningkatan jumlah anak yang tuntas dalam belajar, yaitu prosentase ketuntasan belajar anak yaitu 43,75% (7 anak). Pada siklus II memperoleh prosentase 62,5% (10 anak) sedangkan pada siklus III diperoleh hasil prosentase 81,25% dan hasil ini sudah mencapai kreteria ketuntasan belajar. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran melalui media power point dapat mengembangkan kemampuan berhitung anak.
Irnawati. 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Diskusi pada Materi Kebebasan Berorganisasi dalam Pembelajaran Pkn. Jurnal Penelitian, (Online), tersedia:http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3341/3360, diunduh 21 Mei 2018.
Mahnun, Nunu. 2012. Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam pembelajaran. Jurnal Pemikiran islam, 37 (1). (Online), tersedia:http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/donwload/310/293/, diunduh 28 April 2018.
Murdiyatun, S.P. 2015. Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Menggunakan Metode Jarimatika pada Anak Kelompok A TK Tunas Harapan II Magelang. Artikel Jurnal Skripsi. (Online), tersedia:http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/viewFile/477/442. diunduh 28 April 2018
Sujiono, Y.N. dkk. 2007. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suprapti, E. 2015. Peningkatan Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini dengan Microsoft Powerpoint Ispring pada Materi Pengenalan Konsep Bilangan. Jurnal Pedagogi, 2 (2). (Online), tersedia: http://www.google.com/search?q=Peningkatan+pembelajaran+matematika+anak+usia+dini+dengn+microsoft+power&ie=utf-8&oe=utf-8&client=firefox-b-ab, diunduh 15 Mei 2018.
Susanto. Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta:Kencana
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2008. Jakarta: Universitas Terbuka.