MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGURUTKAN ANGKA 1 – 20 MENGGUNAKAN MEDIA JAGUNG ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B TK AL MUNAWWAR TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016


Author (Penulis)

SITI FATIMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0232P

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan mengurutkan angka 1-20 di TK Al Munawwar masih menggunakan cara klasik yaitu metode ceramah tanpa bantuan alat peraga. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut terlihat dari hasil pengamatan yang menunjukkan motivasi belajar masih relatif rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran dengan menggunakan media jagung angka 1-20 pada anak kelompok B di TK Al Munawwar Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik kelompok B TK Al Munawwar Tulungagung. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa lembar penilaian, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru. Berdasarkan pembahasan pada BAB IV, dapat diketahui bahwa telah terjadi peningkatan persentase ketuntasan siswa dalam pengembangan kemampuan kognitif dengan indikator mengurutkan angka 1-20 dengan media jagung angka. Peningkatan presentase ketuntasan terbesar adalah : pra siklus : 36%, siklus I : 47%, siklus II : 64%, siklus III : 82%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : pembelajaran melalui media jagung angka dapat mengembangkan kemampuan anak mengurutkan angka 1-20 pada anak kelompok B TK Al Munawwar Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. Berdasarkan kesimpulan ini, direkomendasikan : (1) Tujuan utama penggunaan media jagung angka adalah untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga anak menjadi aktif dan termotivasi untuk belajar. Oleh karena itu guru harus mengupayakan agar penggunaan media pembelajaran ini dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan tujuan (2) masih perlu dilakukan penelitian yang terus menerus untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga anak merasa betah mengikuti pembelajaran.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 02 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI