Penelitian ini dilatar belakangi hasil penilaian kemampuan bercerita anak kelas A TK Al Munawwar Tulungagung masih rendah. Dan masalah akan dipecahkan dengan media film animasi. Bedasarkan rencana tindakan tersebut selanjutnya diajukan rumusan masalah : Apakah melalui media film animasi dapat mengembangkan kemampuan bercerita pada anak didik kelas A TK Al Munawwar Tulungagung tahun ajaran 2016-2017.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas model Taggart dan Kemmist dengan subyek penelitian anak didik TK Al Munawwar sejumlah 20 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data dengan unjuk kerja dengan menggunakan instrumen pedoman / rubrik unjuk kerja. Metode pengumpulan data secara deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik presentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam proses pembelajaran.
Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan bercerita anak terbukti meningkat. Hal ini dilihat dari rata-rata observasi terhadap kegiatan guru pada siklus I sebesar 65%, selanjutnya siklus II meningkat sebesar 70% dan siklus III sebesar 85% (melebihi kriteria minimal yaitu 75%). Berarti hipotesis diterima.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT.Bina Aksara.
Arikunto, Suharsini 2009. PenelitianTindakanKelas. Jakarta : PT Bina Aksara.
Hildayani, Rini,dkk. 2007. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Moeslichatoen R. (1999). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta
Yulianasari, Diyah. 2013. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengurutkan Angka 1-10 Dengan Metode Bermain Menyusun Balok- Balok Angka Pada Anak Kelompok A TK Batik. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Kediri : FKIP PGPAUD UN PGRI.
Yunita. 2014. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Berhitung 1-20 Dengan Menggunakan Media Permainan Congklak Pada Anak Kelompok B TK Islam Al Azhaar . Skripsi. Tidak dipublikasikan. Kediri : FKIP PGPAUD UN PGRI.
Sujiono, Bambang. (2011). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sujiono, Yuliani Nurani 2011.Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka
Papalia, D.E.1992. Human Development
Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Pedoman Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta:Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah
Aisyah, Siti, 2013. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka
Anwar, Dessy. 2001. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya : Karya Abditama
Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta:Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah
Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta:Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah
Gem Collins. 1995. Kamus Saku Sains. Jakarta : Erlangga
Haryanto. 2007. Sains Untuk Kelas 5. Jakarta : Erlangga
Jannah, Raudatul. 2011. Membuat Anak Cinta Matematika dan Eksak Lainnya. Yogyakarta : Diva Press
Panitia Sertifikasi Guru Rayon 143, 2012.Modul Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2009
Sujiono, Yuliani Nurani. 2010. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sudono, Anggani. 2000.Sumber Belajar dan Alat Permainan (untuk Pendidikan Anak Usia Dini). Jakarta : Grasindo.