MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA MAGIC BOOK PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ABA PELANGI KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

AGUSTINA KUSUMAWARDANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0229

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok A di TK ABA Pelangi Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya ketersediaan media di dalam kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah media Magic Book dapat mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok A di TK ABA Pelangi Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Taggard dengan tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK ABA Pelangi yang berjumlah 20 anak. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan media Magic Book terbukti dapat mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok A di TK ABA Pelangi. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut : pada pra tindakan didapatkan persentase ketuntasan belajar anak sebesar 30%. Setelah dilakukan tindakan siklus I persentase ketuntasan belajar anak menjadi 35% dan pada siklus II meningkat menjadi 50%. Pada siklus III didapatkan ketuntasan belajar anak sebesar 75% dan sudah mencpai kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan media Magic Book mampu mengembangkan kemampuan membacac permulaan pada anak kelompo A di TK ABA Pelangi Kecamatan Kedungwaru kabupaten Tulungagung.


Keyword

a

Reference

Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Ganesa, Rochaeni Esa. 2011. Menstimulasi Kecerdasan Bahasa Anak Usia Dini. Bandung: Mitra Sarana.

Laely, Khusnul. 2013. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penerapan Media Kartu Gambar. (Online). tersedia: http://pps.unj.ac.id/journal/jpud/article/view/61, diunduh 20 Maret 2018

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. 2014. Jakarta: Kemdikbud.


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI