MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGURUTKAN ANGKA 1 – 10 MELALUI KEGIATAN BERMAIN MENYUSUN BALOK ANGKA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK A TK AL MUNAWWAR TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016


Author (Penulis)

RIF\'ATUL BADIAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0228P

Abstract

Setiap akan mengajar, guru perlu membuat persiapan yang terkandung tentang tujuan mengajar, pokok yang akan diajarkan, metode mengajar, bahan pelajaran, alat peraga dan teknik evaluasi yang digunakan. Karena itu setiap guru harus memahami benar tentang tujuan mengajar, secara khusus memilih dan menentukan metode mengajar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai, cara memilih, menentukan dan menggunakan alat peraga, dan pengetahuan tentang alat-alat evaluasi. Pada pendidikan anak usia dini di TK, anak akan diberikan rangkaian aktifitas yang diharapkan mampu mengembangkan kemampuan dasarnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan rencana sebelum melaksanakan pembelajaran melalui kegiatan bermain menyusun balok angka dalam mengembangkan kemampuan mengurutkan angka 1–10 dan memperoleh data keefektifan media balok angka setelah dilaksanakannya pembelajaran bermain menyusun balok angka dalam mengembangkan kemampuan kognitif terutama dalam hal mengurutkan angka 1–10 pada anak didik. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: Apakah melalui kegiatan bermain menyusun balok angka dapat mengembangkan kemampuan mengurutkan angka 1-10 pada anak didik kelompok A di TK Al Munawwar Tulungagung?. Pengembangan kemampuan kognitif di Taman Knaka-Kanak dilakukan melalui pengetahuan fisik, Logika Matematika dan melalui kegiatan sederhana. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa Kelompok A Taman Kanak-kanak Al Munawwar Tulungagung. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Instrument pengumpulan data menggunakan unjuk kerja, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui kegiatan bermain menyusun balok angka dapat mengembangkan kemampuan mengurutkan angka 1-10 anak pada kelompok A di Taman Kanak-Kanak Al Munawwar Tulungagung Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016 serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 02 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI