MENGEMBANGKAN KEMAMPUAM MENGENAL ABJAD MELALUI MEDIA PAPAN SPIN AND LEARN ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA BUNGUR II KECAMATAN KARANGREJO KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

ULFA PRAMONO PUTRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0226

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan danpengalaman penulis, bahwa kemampuan berbahasa terutama dalam hal kemampuan mengenal abjad pada kelompok A TK Dharma WanitaBungur II, tahun pelajaran 2017/2018, masih belum berkembang secara maksimal. Hal ini disebabkan karena kegiatan pembelajaran yang kurang bervariasi dan media pembelajaran yang kurang menarik sehingga suasana belajar menjadi kurang berkonsentrasi dan membosankan. Permasalahan yang hendak dipecahkan dalam penelitian ini adalah ”Apakah melalui media papan spin and learn dapat mengembangkan kemampuan mengenal abjad pada anak Kelompok A TK Dharma Wanita Bungur II, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Tulunggagung?” . Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A TK Dharma WanitaBungur II, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Tulungagung, tahun pelajaran 2017/2018, yang berjumlah dua belas anak, terdiri dari tujuh anak laki – laki dan lima anak perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa Rencana  Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), Lembar Penilaian Anak, dan Lembar Observasi Kegiatan Pembelajaran. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pembelajaran melalui media papan spin and learn terbukti dapat mengembangkan kemampuan berbahasa terutama menegnal abjad pada anak kelompok A TK Dharma WanitaBungur II, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Tulungagung, tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan persentase ketuntasan belajar dari siklus I sampai dengan siklus III yaitu siklus I sebesar 57,2%, siklus II sebesar 83,3%, dan siklus III sebesar 100%


Keyword

a

Reference

Purwati, Endah. 2015. Meningkatkan Kemampuan Menjumlahkan Bilangan 1-20 Menggunakan Media Manik-manik Sedotan Pada Anak Kelompok A Tk Dharma Wanita Punjul II. Skripsi. Tidak dipublikasikan,  Kediri: UN PGRI Kediri. ( 32 )

Permendikbud nomor 137 tahun 2014, tentang Pendirian Satuan  Pendidikan Anak Usia Dini. ( 1 )

Suyanto, Slamet. 2005. Konsep Dasar Anak Usia Dini.  Jakarta : Depdiknas. Dhieni, Nurbiana. dkk. 2008.


PUBLISHED

2018-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI