Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Dan Pengurangan Melalui Permainan Tangkap ikan Pada Anak Didik Kelompok B Tk Al Munawwar Tulungagung Tahun Pelajaran 2015-2016


Author (Penulis)

KHAMIATUL LAILI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0224P

Abstract

ABSTRAK Khamiatul Laili. Meningkatkan kemampuan dalam penjumlahan dan pengurangan melalui permainan tangkap ikan pada anak didik kelompok B TK Al Munawwar Tulungagung Tahun Pelajaran 2015-2016, skripsi, PGPAUD FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi oleh Taman kanak-kanak memegang peranan penting dalam mengembangkan kemampuan penjumlahan dan pengurangan karena kemampuan berhitung merupakan dasar untuk mengikuti pelajaran di sekolah yang lebih tinggi yaitu Sekolah Dasar. Namun mengingat usia TK adalah usia bermain maka dalam pengembangannya harus melalui permainan yang aktif, kreatif dan menyenangkan, sehingga peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan permainan tangkap ikan dalam meningkatkan kemampuan penjumlahan dan pengurangan. Permasalahan penelitian ini adalahbagaimanameningkatkan kemampuan dalam penjumlahan dan pengurangan melalui permainan tangkap ikan pada anak didik kelompok B TK Al Munawwar Tulungagung Tahun Pelajaran 2015-2016? Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui meningkatkan kemampuan dalam penjumlahan dan pengurangan melalui permainan tangkap ikan pada anak didik kelompok B TK Al Munawwar Tulungagung Tahun Pelajaran 2015-2016. PenelitianinimenggunakanpendekatanPenelitianTindakanKelas (PTK) dengansubyekpenelitiananakKelompok A TK Al-Munawar Tulungagung. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKH, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan dalam penjumlahan dan pengurangan melalui permainan tangkap ikan pada anak didik kelompok B TK Al Munawwar Tulungagung Tahun Pelajaran 2015-2016, dibuktikan dari hasil rata-rata observasi kegiatan guru pada siklus I sebesar 54.16, kemudian Siklus II sebesar 83.33%, selanjutnya pada siklus III meningkat sebesar 93.65 dan untuk hasil rata-rata observasi terhadap anak pada siklus I sebesar 30%, siklus II sebesar 85%, kemudian meningkat pada Siklus III sebesar 95%. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: 1) Tujuan pokok penggunaan permainan tangkap ikan adalah untuk meningkatkan penjumlahan dan pengurangan. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana pembelajaran yang menyenangkan. 2) guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah penggunaan permainan tangkap ikan sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa. Kata Kunci: kemampuan penjumlahan dan pengurangan, permainan tangkap ikan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI