MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN LOMPAT KARET PADA ANAK KELOMPOK B RA WALISONGO BESUKI TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

BINTI MUAWANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0221

Abstract

Berdasarkan pengamatan guru, kemampuan motorik kasar anak kelompok B RA Walisono Besuki Tulungagung masih memerlukan stimulus dikarenakan masih ada anak yang belum mampu menjaga keseimbangan pada kegiatan melompat, maka guru menggunakan permainan lompat karet untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B RA Walisongo Besuki Tulungagung tahun pelajaran 2017/2018. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah penerapan permainan lompat karet dapat mengembangkan motorik kasar bagi anak Kelompok B RA Walisongo Besuki Tulungagung tahun pelajaran  2017/2018? Sedangkan tujuan masalahnya adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan lompat karet pada anak Kelompok B RA Walisongo Besuki Tulungagung tahun pelajaran  2017/2018  dan penelitian ini digunakan untuk memahami lebih dalam mengenai kemampuan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model penelitian Kemmis dan Mc Targgart dengan subyek penelitian 14 anak Kelompok B RA Walisongo Besuki Tulungagung tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan teknik pengumpulan data berupa RPPM, RPPH, lembar observasi guru, dan lembar penilaian unjuk kerja untuk anak. Sebelum dilakukan tindakan permainan lompat karet kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B RA Walisongo yaitu 51,79%. Anak di nyatakan belum tuntas. Setelah dilakukan tindakan permainan lompat karet pada anak kelompok B RA Walisongo Besuki Tulungagung didapatkan data bahwa kemampuan motorik kasar anak menjadi 67,28%, pada siklus II meningkat menjadi 91,08% yang mencapai kriteria ketuntasan.

Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah permainan lompat karet dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B RA Walisongo Besuki Tulungagung tahun pelajaran 2017/2018, sehingga hipotesis penelitian diterima


Keyword

a

Reference

Diana Mutiah. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Hurlock E. B. 1978. Perkembangan Anak Jilid I (Med Meitasari Tjandrasa.  Terjemahan). Yogyakarta: Erlangga

Sujiono. 2008. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka

Suharsimi Arikunto. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sumantri. M. S. 2010. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta. Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta : PEDAGOGIA


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI