MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN ANAK USIA DINI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA LOTTO ANGKA DI PAUD MELATI DESA GILANG KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

ENDAH SRI WAHYUNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0217P

Abstract

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA LOTTO ANGKA PADA ANAK PAUD MELATI DESA GILANG KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 ENDAH SRI WAHYUNI Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri Jl. KH. Achmad Dahlan No. 76 Telp. (0354) 771576, 771503 Kediri 64112 ABSTRAK Kata Kunci : kemampuan kognitif, mengenal bilangan, lotto angka. Pada anak PAUD Melati Desa Gilang Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung sudah dikenalkan berbagai bilangan. Guru PAUD harus merencanakan, mendesain dan mengadakan pusat sumber belajar yang sesuai dengan metode pengembangan kognitif yang tepat untuk tingkat kemampuan anak-anak yang berbeda dalam satu kelas, hal ini tentunya sangat berhubungan pada pembelajaran yang berpusat pada anak. Kenyataan di lapangan masih banyak guru yang melakukan pembelajaran konvensional atau berpusat pada guru, mendominasi anak, memberi tugas dan tidak memberi kesempatan pada anak untuk mengemukakan gagasannya sendiri. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal bilangan pada anak didik PAUD Melati Desa Gilang Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung dengan menggunakan media lotto angka. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RPPM, RPPH, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas anak, dan hasil perkembangan belajar kemampuan mengenal bilangan. Melalui hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kemampuan kognitif dalam mengenal bilangan pada anak PAUD Melati memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar anak. Hal ini terbukti adanya peningkatan prosentase ketuntasan kelas dari siklus I (65%%) meningkat pada siklus II (74%), dari siklus II meningkat pada siklus III (96%). Terjadinya peningkatan dari siklus I sampai pada siklus III, karena pembelajaran dengan menggunakan media lotto angka, anak dapat terlibat langsung dan berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga anak merasa senang dan kegiatan yang melibatkan peran aktif anak akan membekas pada memori anak dan akan dapat terus diterapkan di tahun berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa penggunaan lotto angka dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal bilangan pada anak PAUD Melati Desa Gilang Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung sehingga hipotesis tindakan pada penelitian ini diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-10-28

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI