MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A TK TUNAS HARAPAN DADAPAN NGRONGGOT NGANJUK TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

YESSY INDRAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0216

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman guru, bahwa pembelajaran sebelumnya pada anak didik kelompok A TK Tunas Harapan Dadapan Ngronggot Nganjuk tahun ajaran 2017/2018, hasil nilai dari 20 anak didik yang diberikan tugas dengan indikator keberhasilan anak didik masih dibawah persentase ketuntasan atau n < 75%. Hal tersebut dikarenakan guru hanya menerapkan metode pelajaran pemberian tugas  dengan menggunakan LKA sehingga  pembelajaran kurang efektif, oleh karena itu perlu menggunakan media kartu kata bergambar untuk mengembangkan kemampuan membaca awal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah melalui media kartu kata bergambar dapat mengembangkan kemampuan membaca awal pada anak kelompok A TK Tunas Harapan Dadapan Ngronggot Nganjuk tahun ajaran 2017/2018?. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan menggunakan teknik penyusunan data berupa RPPH, RPPM, lembar observasi aktivitas anak didik dalam pembelajaran, dan lembar aktivitas guru dalam pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada setiap siklusnya. Terbukti dari hasil yang diperoleh anak pada siklus I sebanyak 25%, hal itu terjadi peningkatan dibandingkan dari hasil temuan studi awal sebesar 15%. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 45%, terjadi peningkatan sebesar 20% dibandingkan pada siklus I. Sementara itu pada siklus III terjadi peningkatan sebesar 100%, pada siklus III jika dikonsultasikan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 55%. Atau dengan kata lain seluruh anak didik yang berjumlah 20 anak telah mencapai kriteria ketuntasan. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa “melalui media kartu kata bergambar dapat mengembangkan kemampuan membaca awal pada anak kelompok A TK Tunas Harapan Dadapan Ngronggot Nganjuk tahun ajaran 2017/2018”


Keyword

a

Reference

Budianto, Slamet. 2013. Pembelajaran Untuk Anak TK. Jakarta: Depdiknas.

Cahyono. 2010. Buku Ajar Pendidikan Pra Sekolah, Jakarta: Depdikbud – Dirjen Dikti.

Rahim, Abdul. 2008. Administrasi dan Supervisi Penyelenggaraan Taman Kanak-Kanak. Dirjen Dikti : Depdikbud.

Suyanto. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: UNY.

Suhardjono. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Rineka Cipta.

Susilo. 2011. Pengelolaan Pendidikan Di Taman Kanak-Kanak Negeri 2 Sleman Yogyakarta, Jurnal, Yogyakarta: FIP UNY.


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI