MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGANYAM SEDOTAN DI KELOMPOK A RA AL-ULYA DESA KELUTAN KECAMATAN NGRONGGOT KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2017-2018


Author (Penulis)

SITI NURIL WASIAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0213

Abstract

Perkembangan motorik halus merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam perkembangan anak secara keseluruhan, karena melibatkan kordinasi otot, mata dan tangan secara cermat, sehingga anak dapat berkreasi. Akan tetapi berdasarkan data kemampuan motorik halus anak kelompok A RA Al Ulya Desa Kelutan Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk belum terasah dengan baik sehingga masih perlu banyak latihan dan perlu ditingkatkan pada aspek kemampuan fisik motoriknya. Salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak adalah kegiatan menganyam sedotan. Permasalahan penelitian ini adalah apakah penerapan kegiatan menganyam sedotan dapat mengembangkan motorik halus anak di kelompok A RA Al-Ulya Desa Kelutan Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2017-2018?" Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model penelitian Kemmis dan   Mc Targgart. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan tehnik analisis data berupa deskriptif kuantitatif.

Hasil penilaian perkembangan fisik motorik halus anak mulai dari siklus I mencapai 20%, pada siklus II mencapai 48%, dan pada siklus III mencapai 84%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah mengembangkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menganyam dengan sedotan pada anak kelompok A RA Al-Ulya Desa Kelutan Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2017-2018 membawa hasil yang signifikan, ketuntasan belajar mencapai 89%. Hasil tindakan melebihi 75% maka hipotesis  tindakan diterima.


Keyword

a

Reference

Beal, Nancy. 2013. Rahasia Mengajarkan Seni Pada Anak. Yogyakarta :  Pripaenbooks

 

Endah. 2008. Aspek Perkembangan Motorik dan Keterhubungan dengan Aspek

          Fisik dan Intelektual Anak Diakses dari http://Parentingislam.wordpress. Com/2017/03/01/Aspek-perkembangan-motorik-dan-keterhubungan-

          dengan-aspek-fisi-dan-intelektualnya.

 

Hidayani, Rini, dkk. 2008. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas  Terbuka Departemen Pendidikan Nasional.

 

Margono. 2010. Ketrampilan Anyaman Bambu dan Rotan. Semarang : CV Aneka

            Ilmu.

 

Martinis, Yamin. 2008. Paradigma Pendidikan Konstruktif. Jakarta : Gaung

            Persada Press.

 

Mulyasa, H.E. 2012. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Remaja

            Rosdakarya.

Montalu, B.E.F, dkk. 2015. Bermain dan Permainan anak. Jakarta : Universitas

            Terbuka Departemen Pendidikan Nasional

Sujiono, Bambang. 2009. Metode Pengembangan fisik. Jakarta : Universitas Terbuka, hal. 7.


PUBLISHED

2018-08-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI