MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI KEGIATAN MENCETAK GETHUK SINGKONG PADA ANAK KELOMPOK A TK TUNAS HARAPAN DESA DADAPAN KECAMATAN NGRONGGOT KABUPATEN NGANJUK TAHUN 2017/2018


Author (Penulis)

SUMARIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0206

Abstract

Berdasarkan hasil penilaian perkembangan anak diketahui bahwa kemampuan mengenal huruf anak kelompok A TK Tunas Harapan Desa Dadapan belum berkembang secara optimal. Hal ini dikarenakan guru hanya mengajarkan huruf melalui pengucapan dan jarang sekali memanfaatkan media pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan pada anak sebagai pembelajar aktif. Ketuntasan belajar hanya mencapai sebesar 29,41%, sehingga dilakukan PTK untuk memecahkan masalah melalui kegiatan mencetak gethuk singkong. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah mencetak gethuk singkong dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A TK Tunas Harapan Desa Dadapan Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2017/2018. Metode  penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulan data yaitu observasi dan teknik penelitian unjuk kerja. Kriteria ketuntasan minimal yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah 75%. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siklus I sebesar 47,05% kemudian setelah dilakukan tindakan siklus II meningkat menjadi 58,82% dan dilakukan lagi siklus III ketuntasan belajar mencapai 82,35%. Dengan demikian hipotesis diterima, dikarenakan ketuntasan telah melebihi kriteria minimal yaitu 75%. Kesimpulannya adalah kegiatan mencetak gethuk singkong pada anak kelompok A TK Tunas Harapan Desa Dadapan Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2017/2018 dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf


Keyword

a

Reference

Ariyanti. 2016. Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Mengurutkan Angka 1 Sampai 20 Melalui Media Puzzle Pada Anak Kelompok B RA Mamba’ul Anwar Kurungrejo Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk, Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Kediri: FKIP UN PGRI Kediri.

Dhieni, Nurbiana, dkk. 2015. Metode Pengembangan Bahasa. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Muslich. 2010. Alasan Mengapa Membaca Itu Penting?. (Online), tersedia http://ptk-masnur-muslich-blogspot.com, diunduh 10 Oktober 2017.

Susanto, Ahmad . 2011. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta : Kencana.

Suyadi, Ulfah. 2013. Konsep Dasar Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trisniwati. 2013. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Metode Permainan Kartu Huruf Pada Kelompok B1 TK ABA Ketanggungan Wirobrajan Yogyakarta. (Online), tersedia http://eprints.uny.ac.id/13605/1/skripsi%20trisniwati%2010111247005.pdf, diunduh 8 Desember 2017.


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI