Meningkatkan kemampuan berbicara melalui metode sosiodrama pada anak kelompok A Tk PKK Parang 1 Desa Parang Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri Tahun 2018


Author (Penulis)

SUYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0204

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil penilaian bahwa kemampuan berbicara anak kelompok A TK PKK Parang I Desa Parang masih rendah  ini dilihat dari ketuntasan hanya sebesar 37,5%, kemudian guru kelas memecahkan masalah ini dengan cara metode sosiodrama. Rumusan masalah adalah apakah metode sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A TK PKK Parang I tahun ajaran 20017- 2018. Metode yang dipilih adalah PTK model Kemmis dan Taggart dan pelaksanaannya dalam 3 siklus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu teknik tanya jawab dan observasi. Data dianalisis dengan cara membandingkan ketuntasan belajar sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Kreteria ketuntasan belajar yang yang digunakan adalah sekurang- kurangnya 75%. Hasil  penelitian menunjukkan setelah dilakukan tindakan siklus I diperoleh hasil ketuntasan belajar sebesar 37,5%, selanjutnya dilakukan tindakan siklus II diperoleh hasil ketuntasan belajar sebesar 56,25%, dan setelah dilanjutkan tindakan siklus III meningkat menjadi 87,5%. Dari hasil perolehan ketuntasan belajar pada siklus III dapat dinyatakan  bahwa  jumlah  persentase  tersebut  telah mencapai kriteria ketuntasan belajar, maka penelitian ini dikatakan berhasil. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui  metode sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok A TK PKK Parang I Desa Parang Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri.


Keyword

a

Reference

Dhieni, Nurbiana dkk. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nurbiana. 2005. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka

Nurhatin.2009. Pengertian Kemampuan Berbicara. (online), tersedia:  http://www.google.co.id, diunduh 06 November 2017

Suhartono.2005. Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Sosiodrama Pada Anak Kelompok A3TK Aba Gendingan Jogjakarta.Skripsi Veni Indah Kumalasari: 1-147.

Tarigan. 2008. Pengembangan Ketrampilan Berbicara. Bandung: Angkasan bandung 

Wiriatmaja. 2007. Prosedur Penelitian Kemmis dan Taggart. Bandung: Remaja Rosdakarya


PUBLISHED

2018-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 12 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI