MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DENGAN PERMAINAN BILANGAN MENGHITUNG DAUN PADA ANAK KELOMPOK A TK ISLAM ADDAHLAN DESA SANGGRAHAN KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN NGANJUK TAHUN 2017/2018


Author (Penulis)

DEWI ENDANG LESTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0195

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kemampuan kognitif anak masih rendah khususnya minat dan motivasi anak dalam berhitung belum mencapai hasil yang maksimal. Hal tersebut disebabkan karena anak kurang termotivasi untuk belajar dan ada beberapa anak kurang konsentrasi saat berjalannya proses belajar berhitung, anak cenderung dengan mekanisme hafalan sehingga anak mudah lupa. Selain itu, permainan dan media tentang berhitung  kurang menarik sehingga anak kurang antusias dan kurang memberikan respon yang pasif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah permainan bilangan menghitung daun dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok A TK Islam Addahlan Desa Sanggrahan Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk.

             Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A TK Islam Addahlan Desa Sanggrahan Kecamatan Prambon Kabupaten Ngnjuk. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RPPM, RPPH, lembar penilaian anak, dan lembar observasi guru. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi.

                Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Sebelum dilakukan penelitian, kemampuan kognitif dalam hal berhitung masih belum berkembang, hanya 20% yang mencapai ketuntasan kemampuan dalam berhitung. (2) Ketuntasan anak dalam kegiatan permaianan bilangan menghitung daun dari siklus I, siklus II, siklus III dapat dilihat  bahwa hasil observasi pada siklus I mencapai 33,33%, siklus II mencapai 60%, dan siklus III mencapai 86,67%. (3) Peningkatan persentase ketuntasan kemampuan kognitif dalam hal  berhitung dari pratindakan sampai dengan  siklus III terjadi kenanikan sebesar 66,67%. Sehingga dapat dinyatakan bahwa melalui permainan bilangan menghitung daun dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam hal berhitung pada kelompok A TK Islam Addahlan Desa Sanggrahan Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2017/2018.


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi., dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Sinar Grafika Ofset

Damin, Sudarwan. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta CV

Inawati. 2011. tersedia: http://www.google.co.id/, diunduh 05 November 2017

Musfiroh, Tadkiroatun, dan Tatminingsih, Sri, 2015. Bermain Dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nurkhasanah, Iin. 2015. Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Menyusun Pelangi Pada Anak Kelompok B TK Aisiyah Kebenaran Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara. Skripsi. Dipublikasikan. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah. tersedia: respository.ump.ac.idI diunduh 8 November 2017.

Sujiono, Yuliani Nuraini, 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Wiriana, 2008. Pengertian Bilangan, (Online), tersedia: http://www.google.co.id/, diunduh 02 November 2017


PUBLISHED

2018-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 12 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI