Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti bahwa kemampuan seni anak kelompok B TK Dharma Wanita Plus Singkalanyar masih rendah atau belum berkembang secara maksimal. Hal ini disebabkan teknik dalam kegiatan mewarnai yang digunakan kurang menarik, sehingga anak kurang antusias dan kurang memberikan respon yang pasif. Salah satu upaya mengatasi permasalahan hal tersebut dengan menggunakan media mewarnai dengan teknik paint brush dalam pembelajaran Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan seni mewarnai dengan teknik paint brush anak kelompok B TK Dharma Wanita Plus Singkalanyar Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, subyek penelitian anak kelompok B TK Dharma Wanita Plus Singkalanyar berjumlah 19 anak. Instrumen yang digunakan berupa RPPM, RPPH, lembar penilaian anak, lembar observasi guru. Hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan seni mewarnai pada pra tindakan dengan ketuntasan sebesar 26,32% dapat dikatakan kemampuan seni anak masih rendah. (2) pelaksanaan siklus I hasil ketuntasan sebesar 36,84% dan siklus II sebesar 57,89%, (3) hasil siklus III mencapai ketuntasan sebesar 89,47%, sehingga telah mencapai ketuntasan minimum yaitu 75% (4) terdapat peningkatan kemampuan seni anak sebelum dan sesudah penggunaan media dengan teknik paint brush sebesar 63,15%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media dengan teknik paint brush dapat meningkatkan kemampuan seni pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Plus Singkalanyar Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2017/2018
Aisyah. 2014. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka
Hasanah. 2007. Pengertian Seni. (online) tersedia: http://tipsserbaserbi.blogspot.co.id/2007/07/pengertian-seni.html, diunduh 06 November 2017
Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Pamadhi. 2010. Seni Ketrampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka
Pekerti, Widia, dkk. 2015.Metode Pengembangan Seni. Jakarta: Universitas Terbuka
Sale danBetti. 2008.Drawing A Conteporari Approach Sixth Edition (online) tersedia:http://www.google.co.id/search?q=teknik+paint+brush+&oq=teknik+paintbrush&aqs, diunduh23 November 2017
Soeleman. 2007. Pengertian Kemampuan seni, (online), tersedia: http://www.google.co.id/search?q: kajianteori+pengertian+kemampuan+seni&oq=kajianteori+&aqs. Diunduh 04 November 2017
Soehardi.2003. Pengertia Kemampuan, (online),tersedia: http://www.google.co.id/search?q: kajianteori+pengertian+kemampuan+seni&oq=kajianteori+&aqs. Diunduh 04 November 2017
Sujiono, dkk. 2005.Konsep Dasar Anak Usia Dini.Jakarta : PT. Indeks.
Sukardi S. 2012. Seni Ketrampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka