MENINGKATKAN KEMAMPUAN SENI MELALUI KEGIATAN MEWARNAI DENGAN TEKNIK PAINT BRUSH KELOMPOK B di TK DHARMA WANITA PLUS DESA SINGKALANYAR KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN NGANJUK TAHUN 2017/2018


Author (Penulis)

BINTI ENY ZUL AFIAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0194

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti bahwa kemampuan seni anak kelompok B TK Dharma Wanita Plus Singkalanyar masih rendah atau belum berkembang secara maksimal. Hal ini disebabkan teknik dalam kegiatan mewarnai yang digunakan kurang menarik, sehingga anak kurang antusias dan kurang memberikan respon yang pasif. Salah satu upaya mengatasi permasalahan hal tersebut dengan menggunakan media mewarnai dengan teknik paint brush dalam pembelajaran  Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan seni mewarnai dengan teknik paint brush anak kelompok B TK Dharma Wanita Plus Singkalanyar Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, subyek penelitian anak kelompok B TK Dharma Wanita Plus Singkalanyar berjumlah 19 anak. Instrumen yang digunakan berupa RPPM, RPPH, lembar penilaian anak, lembar observasi guru. Hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan seni mewarnai pada pra tindakan dengan ketuntasan sebesar 26,32% dapat dikatakan kemampuan seni anak masih rendah. (2) pelaksanaan siklus I hasil ketuntasan sebesar 36,84% dan siklus II sebesar 57,89%, (3) hasil siklus III mencapai ketuntasan sebesar 89,47%, sehingga telah mencapai ketuntasan minimum yaitu 75% (4) terdapat peningkatan kemampuan seni anak sebelum dan sesudah penggunaan media dengan teknik paint brush sebesar 63,15%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media dengan teknik paint brush dapat meningkatkan kemampuan seni pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Plus Singkalanyar Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2017/2018


Keyword

a

Reference

Aisyah. 2014. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka

Hasanah. 2007. Pengertian Seni. (online) tersedia: http://tipsserbaserbi.blogspot.co.id/2007/07/pengertian-seni.html, diunduh 06 November 2017

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Pamadhi. 2010. Seni Ketrampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Pekerti, Widia, dkk. 2015.Metode Pengembangan Seni. Jakarta: Universitas Terbuka

Sale danBetti. 2008.Drawing A Conteporari Approach Sixth Edition (online) tersedia:http://www.google.co.id/search?q=teknik+paint+brush+&oq=teknik+paintbrush&aqs, diunduh23 November 2017

Soeleman. 2007. Pengertian Kemampuan seni, (online), tersedia: http://www.google.co.id/search?q: kajianteori+pengertian+kemampuan+seni&oq=kajianteori+&aqs. Diunduh 04 November 2017

Soehardi.2003. Pengertia Kemampuan, (online),tersedia: http://www.google.co.id/search?q: kajianteori+pengertian+kemampuan+seni&oq=kajianteori+&aqs. Diunduh 04 November 2017

Sujiono, dkk. 2005.Konsep Dasar Anak Usia Dini.Jakarta : PT. Indeks.

Sukardi S. 2012. Seni Ketrampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI