MENINGKATKAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE DENGAN BERBAGAI MACAM BIJI-BIJIAN PADA KELOMPOK B


Author (Penulis)

ANIS SAFITRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0193

Abstract

Latar belakang dalam penelitian adalah kemampuan motorik halus  pada  anak kelompok B TK PKK Parang I masih belum berkembang optimal. Hal ini dikarenakan kurang variatifnya kegiatan pembelajaran dalam pengembangan kemampuan motorik halus. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK PKK Parang I Desa Parang Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri. Jenis Penelitian  yang digunakan adalah Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi dan dokumentasi dengan kriteria ketuntasan minimal 75%. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian anak dan lembar observasi guru dengan teknik penilaian yang digunakan adalah  hasil karya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I persentase ketuntasan baru mencapai 53,34% sehingga dilanjutkan pada siklus II. Persentase ketuntasan kemampuan motorik halus anak pada siklus II meningkat sebesar 66,67%, namun dikarenakan belum mencapai ketuntasan minimal maka dilanjutkan siklus III. Pada siklus III persentase ketuntasan kemampuan motorik halus meningkat menjadi 93,34% sehingga penelitian dihentikan dikarenakan telah melebihi kriteria ketuntasan minimal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tindakan pembelajaran dengan kegiatan kolase berbagai macam biji bijian dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B TK PKK PARANG I Desa Parang Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri.


Keyword

a

Reference

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Pendidikan Indonesia: repository.upi.edu. diakses pada 05 Januari 2018.

Beal, Nancy; Miller, Gloria Bley.2003. Rahasia Mengerjakan Seni Pada Anak. Yogyakarta: Pripoenbooks.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Nasional, Pustaka Candra, Jakarta.

Kamaril, Cut dkk. 2003. Pendidikan Seni Rupa dan Kerajinan Tangan. Jakarta: Universitas Terbuka Sumanto. 2006. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Depdiknas.

Lukman. 2011. Kemampuan anak interpersonal. (online), tersedia : http://lukman.blogspot.com/2011/02/kemampuan-interpersonal.html. Diakses pada tanggal 22 Desember 2017.

Pamadhi dan Evan Sukardi S. 2008. Seni Ketrampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ramli. 2005. Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Rusdinal, Utama. 2005. Pengelolaan Kelas Ditaman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sujiono. 2012. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Yuliani Nuraini; Sujiono Bambang. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.

Sumantri. 2005. Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Dinas Pendidikan.

Wiriatmaja, rochiati. 2007. Metode Penelitian  Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI