MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGURUTKAN ANGKA 1 SAMPAI 20 MELALUI MEDIA PUZZLE PADA ANAK KELOMPOK B RA MAMBA'UL ANWAR KURUNGREJO KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN NGANJUK


Author (Penulis)

ARI YANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0188P

Abstract

Abstrak Ari Yanti: Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengurutkan Angka 1 Sampai 20 Melalui Media Puzzle Pada Anak Kelompok B RA Mamba’ul Anwar Kurungrejo Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti bahwa kemampuan kognitif dalam mengurutkan angka 1 sampai 20 anak Kelompok B RA Mamba’ul Anwar Kurungrejo belum berkembang secara maksimal. Artinya, sebagian besar anak belum mampu mengurutkan angka 1 sampai 20 dengan benar dan masih butuh bantuan ataupun bimbingan.Penggunaan puzzle sebagai media pembelajaran, diharapkan dapat meningkatkan semangat anak dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan kognitif anak dalam mengurutkan angka 1 sampai 20 dapat meningkat setelah diterapkannya kegiatan pembelajaran menggunakan media puzzle? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui penerapan puzzle sebagai media pembelajaran dapat lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengurutkan angka 1 sampai 20. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas(PTK) dengan subjek penelitian anak didik kelompok B RA Mamba’ul Anwar Kurungrejo. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Selain itu, disetiap siklusnya menggunakan intrumen penelitian berupa RKM dan RKH. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pada siklus I menunjukkan prosentase ketuntasan kemampuan anak dalam mengurutkan angka 1 sampai 20 sebesar 58,82% dan pada siklus II meningkat 23,53% sehingga menjadi 82,35%. Dari hasil perolehan ketuntasan belajar pada siklus II dapat dinyatakan bahwa jumlah prosentase tersebut telah mencapai kriteria ketuntasan belajar, maka penelitian ini dikatakan berhasil. Dengan demikian, penggunaan media puzzle dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengurutkan angka 1 sampai 20 pada anak kelompok B RA Mamba’ul Anwar Kurungrejo Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk dan hipotesis dalam penelitian ini diterima. Kata kunci: kemampuan kognitif, angka 1 sampai 20, media puzzle.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-01

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI