MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL KONSEP BILANGAN 1 – 10 MELALUI MEDIA BUAH – BUAHAN PADA ANAK DIDIK KELOMPOK A TK PERTIWI IV SONOAGENG DESA SONOAGENG KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

ENI WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0156P

Abstract

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL KONSEP BILANGAN 1 – 10 MELALUI MEDIA BUAH – BUAHAN PADA ANAK DIDIK KELOMPOK A TK PERTIWI IV SONOAGENG DESA SONOAGENG KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UN PGRI, Kediri Jl. KH. Achmad Dahlan No. 76 Kediri 64112 Telp. (0354) 776706 eniwulandari275@gmail.com UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI Pembimbing I ISFAUZI HADI NUGROHO, M.Psi. NIDN. 0701038303 Pembimbing II ITOT BIAN RAHARJO, S.Pd., M.M. NIDN. 0718118401 ABSTRAK ENI WULANDARI, 2016. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Melalui Media Buah-buahan Pada Anak Didik Kelompok A TK Pertiwi IV Sonoageng, Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Skripsi, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 2016. Anak didik kelompok A TK Pertiwi IV Sonoageng, Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk, kemampuan kognitif anak masih kurang artinya masih perlu adanya bimbingan atau arahan dari guru khususnya dalam mengenal konsep bilangan 1-10. Oleh karena itu muncul gagasan bagaimana upaya meningkatkan kemmapuan kognitif anak di kelompok A TK Periwi IV Sonoageng, Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk. Untuk mengatasi masalah tersebut di atas, peneliti melaksanakan kegaiatan tersebut melalui media buah-buahan. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A TK Pertiwi IV Sonoageng, Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk, yang berjumlah 15 siswa yang terdiri dari 2 anak laki-laki dan 13 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data meliputi observasi dan hasil karya. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah penerapan media buah-buahan dalam pembelajaran dapat meningkatkan pengenalan konsep bilangan 1-10 anak kelompok A TK Pertiwi IV Sonoageng Desa Sonoageng Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk. Hasil perolehan pada siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan belajar anak didik 26,67%, oleh karena itu perlu diulang siklus II. Pada siklus II ketuntasan belajar anak meningkat menjadi 53,33%, tetapi masih kurang memenuhi standar ketuntasan belajar anak sehingga perlu adanya kegiatan lanjutan pada siklus III dan pada siklus III ketuntasan belajar anak meningkat menjadi 87,5%. Nilai pada hasil ini sesuai dengan standar ketuntasan belajar yang diharapkan, maka penelitian ini sudah dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mengenal konsep bilangan 1-10 melalui media buah-buahan dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A TK Pertiwi IV Sonoageng, Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk, sehingga hipotesa diterima. Kata kunci : kemampuan kognitif, konsep bilangan, buah-buahan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI