MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL GEOMETRI MELALUI MEDIA KOTAK POS GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK A TK PERTIWI IV SUGIHWARAS KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
ELOK HIKMATUR R
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.01.11.0155P
Abstract
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL GEOMETRI MELALUI
MEDIA KOTAK POS GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK A
TK PERTIWI IV SUGIHWARAS KECAMATAN PRAMBON
KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UN PGRI, Kediri
Jl. KH. Achmad Dahlan No. 76 Kediri 64112 Telp. (0354) 776706
ELOK HIKMATUR ROSYIDAH
NPM :14.1.01.11.0155P
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
Pembimbing I
ISFAUZI HADI NUGROHO, M.Psi.
NIDN. 0701038303 Pembimbing II
ITOT BIAN RAHARJO, S.Pd., M.M.
NIDN. 0718118401
ABSTRAK
ELOK HIKMATUR ROSYIDAH : Meningkatkan Kemampuan Mengenal Geometri Melalui Media Kotak Pos Geometri Pada Anak Kelompok A TK Pertiwi IV Sugihwaras, Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk. Skripsi, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 2016.
Anak didik kelompok A TK Pertiwi IV Sugihwaras, Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk, kemampuan kognitif anak masih kurang artinya masih perlu adanya bimbingan atau arahan dari guru khususnya dalam kegiatan mengenal geometri (bentuk-bentuk). Oleh karena itu muncul gagasan bagaimana upaya meningkatkan kemampuan kognitif anak di kelompok A TK Pertiwi IV Sugihawaras, Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk. Untuk mengatasi masalah tersebut di atas, peneliti melaksanakan kegiatan tersebut melalui kegiatan permainan kotak pos geometri.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan media kotak pos geometri dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan kognitif mengenal bentuk geometri anak didik kelompok A TK Pertiwi IV Sugihawaras, Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk?
Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A TK Pertiwi IV Sugihwaras, Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk, yang berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refeleksi. Adapaun metode pengumpulan data meliputi observasi dan hasil karya.
Hasil perolehan pada siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan belajar anak didik 43,75%, oleh karena itu perlu diulang pada siklus II. Pada siklus II ketuntasan belajar anak meningkat menjadi 68,75%, tetapi masih kurang memenuhi standar ketuntasan belajar anak sehingga perlu adanya kegiatan lanjutan pada siklus III dan pada siklus III ketuntasan belajar anak meningkat menjadi 87,5%. Nilai pada hasilini sesuai dengan standar ketuntasan belajar yang diharapkan, maka penelitian ini sudah dikatakan berhasil.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kegiatan permainan kotak pos geometri dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A TK Pertiwi IV Sugihwaras, Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk, sehingga hipotesis diterima.
Kata Kunci : Mengenal Geometri, Media, Kotak Pos Geometri.