MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL GEOMETRI MELALUI MEDIA KOTAK POS GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK A TK PERTIWI IV SUGIHWARAS KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

ELOK HIKMATUR R
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0155P

Abstract

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL GEOMETRI MELALUI MEDIA KOTAK POS GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK A TK PERTIWI IV SUGIHWARAS KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UN PGRI, Kediri Jl. KH. Achmad Dahlan No. 76 Kediri 64112 Telp. (0354) 776706 ELOK HIKMATUR ROSYIDAH NPM :14.1.01.11.0155P UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI Pembimbing I ISFAUZI HADI NUGROHO, M.Psi. NIDN. 0701038303 Pembimbing II ITOT BIAN RAHARJO, S.Pd., M.M. NIDN. 0718118401 ABSTRAK ELOK HIKMATUR ROSYIDAH : Meningkatkan Kemampuan Mengenal Geometri Melalui Media Kotak Pos Geometri Pada Anak Kelompok A TK Pertiwi IV Sugihwaras, Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk. Skripsi, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 2016. Anak didik kelompok A TK Pertiwi IV Sugihwaras, Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk, kemampuan kognitif anak masih kurang artinya masih perlu adanya bimbingan atau arahan dari guru khususnya dalam kegiatan mengenal geometri (bentuk-bentuk). Oleh karena itu muncul gagasan bagaimana upaya meningkatkan kemampuan kognitif anak di kelompok A TK Pertiwi IV Sugihawaras, Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk. Untuk mengatasi masalah tersebut di atas, peneliti melaksanakan kegiatan tersebut melalui kegiatan permainan kotak pos geometri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan media kotak pos geometri dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan kognitif mengenal bentuk geometri anak didik kelompok A TK Pertiwi IV Sugihawaras, Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk? Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A TK Pertiwi IV Sugihwaras, Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk, yang berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refeleksi. Adapaun metode pengumpulan data meliputi observasi dan hasil karya. Hasil perolehan pada siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan belajar anak didik 43,75%, oleh karena itu perlu diulang pada siklus II. Pada siklus II ketuntasan belajar anak meningkat menjadi 68,75%, tetapi masih kurang memenuhi standar ketuntasan belajar anak sehingga perlu adanya kegiatan lanjutan pada siklus III dan pada siklus III ketuntasan belajar anak meningkat menjadi 87,5%. Nilai pada hasilini sesuai dengan standar ketuntasan belajar yang diharapkan, maka penelitian ini sudah dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kegiatan permainan kotak pos geometri dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A TK Pertiwi IV Sugihwaras, Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk, sehingga hipotesis diterima. Kata Kunci : Mengenal Geometri, Media, Kotak Pos Geometri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI