MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENCETAK GAMBAR DENGAN MEDIA BUAH PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA PERSATUAN MANDING KECAMATAN PUCANGLABANG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015-2016


Author (Penulis)

YAYUK INDAYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0154p

Abstract

ABSTRAK Yayuk Indayani : Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mencetak Gambar Dengan Media Buah Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Manding Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015-2016, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNP Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa di TK Dharma Wanita Persatuan Manding Pengembangan kemampuan motorik halus anak terbatas pada kegiatan menggunting, menulis, menggambar dan menempel. Kurangnya penggunaan media yang menarik dan pengenalan terhadap lingkungan membuat anak kurang bersemangat dalam pembelajaran. Permasalahan dari penelitian ini adalah “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mencetak Gambar dengan Media Buah pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Manding Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016” Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Manding. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKH, RKM, lembar observasi peneliti, lembar observasi siswa, dan tes hasil belajar siswa. Simpulan hasil penelitian ini adalah siklus I bahwa kemampuan motorik halus anak TK Dharma Wanita Persatuan Manding masih rendah, karena dari 18 anak yang mengalami tuntas belajar hanya sebesar 55.6% (10 anak). Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan motorik halus anak kegiatan mencetak gambar dengan media buah yaitu dari 18 anak yang mengalami tuntas belajar sebesar 66.7% (12 anak). Hasil dari tindakan pada siklus III adalah dari 18 anak yang mengalami tuntas dalam kegiatan mencetak gambar dengan media buah sebesar 83.3% (15 anak). Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan (1) Untuk guru dengan maksud yang sama yaitu upaya pengembangan kemampuan motorik halus yang sudah peneliti lakukan bisa dijadikan pilihan tindakan, (2) Untuk sekolah, pembelajaran dengan kegiatan mencetak gambar dengan media buah ini dapat dijadikan sarana untuk mengembangkan kreativitas yang baik sehingga kemampuan motorik halus anak usia dini dapat berkembang, (3) Untuk orang tua di rumah dapat mengulang dan melanjutkan program pembelajaran kegiatan mencetak gambar dengan media buah yang sudah dilakukan peneliti di sekolah. Caranya, orang tua harus menjalin komunikasi dengan peneliti mengenai perkembangan anaknya bertanya cara belajar di sekolah agar sejalan dengan cara belajar di rumah. Kata kunci : motorik halus, mencetak gambar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-01-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI