KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN (Studi Kasus di Lembaga Bimbingan Belajar “Bu Lilik” Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung)
Author (Penulis)
LAILATUS SURUR
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.01.11.0148P
Abstract
ABSTRAK
LAILATUS SURUR. Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus di Lembaga Bimbingan Belajar “Bu Lilik” Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung). Skripsi, PG PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016.
Kemampuan berhitung pada anak usia dini merupakan satu hal yang sangat penting. Dengan mengetahui kemampuan anak, pendidik dan orang tua bisa mengetahui pendidikan atau kegiatan apa yang bisa ditempuh oleh anak tersebut.
Kemampuan berhitung di Lembaga Bimbingan Belajar ini sudah tertanam pada anak usia dini. Penelitian dilakukan pada anak usia 5-6 tahun yang terdapat di Lembaga Bimbingan Belajar “Bu Lilik” yang terletak di Desa Serut Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan berhitung anak usia dini pada anak usia 5-6 tahun yang ada di lembaga Bimbingan Belajar “Bu Lilik” Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan temuan yang diperoleh peneliti melalui hasil tes yang diberikan kepada 10 anak dengan jumlah soal 20 yang terdiri dari 10 soal penjumlahan dan 10 soal pengurangan dengan waktu 30 menit yang berhasil menyelesaikan ada 8 anak dan yang belum berhasil ada 2 anak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa anak usia 6 tahun kemampuannya tidak selalu lebih tinggi dari anak usia 5 tahun. Hal ini dapat dibuktikan dari anak yang berusia 6 tahun kemampuannya lebih rendah karena belum bisa menyelesaikan tes berdasarkan soal dan waktu yang ditentukan jika dibandingkan dengan anakyang berusia 5 tahun tetapi Arnes bisa menyelesaikan tes ini berdasarkan soal dan waktu yang ditentukan. Hal ini disebabkan kurangnya partisipasi orang tua dan kemampuan anak yang berbeda-beda.
Kata Kunci: Studi Kasus, Kemampuan Berhitung, Anak Usia Dini, Lembaga Bimbingan Belajar.