MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF MELALUI MEDIA JAM BUNGA PADA ANAK KELOMPOK A RA MUTIARA HIKMAH DESA PANGGUNGREJO KECAMATAN TULUNGAGUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN 2017-2018


Author (Penulis)

WORO WIDIARATRIE
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0147

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan membaca huruf masih rendah.Hal tersebut dipicu oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi selain itu media yang digunakan juga kebanyakan berupa lembar kerja dalam bentuk buku yang berupa latihan-latihan yang lebih menekankan pada kemampuan akademik. Akibatnya suasana kelas membosankan dan tidak aktif, yang menyebabkan hasil belajar anak rendah. Salah satu media untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf anak adalah dengan media jam bunga. Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah media jam bunga dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf kelompok A RA Mutiara Hikmah Desa Panggungrejo Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung?”Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian ini adalah 15 anak kelompok A RA Mutiara Hikmah Desa Panggungrejo Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus menggunakan instrumen pengumpulan data berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), Lembar unjuk kerja anak dan lembar obsevasi guru.Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Hasil pra tindakan dengan ketuntasan sebesar 26,67% sehingga dapat dikatakan kemampuan membaca huruf masih rendah. (2) Penelitian dilaksanakan sebanyak 3 siklus, dengan prosedur penelitian meliputi penyusunan rencana tindakan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi dan refleksi, dengan hasil ketuntasan pada siklus I sebesar 50% dan siklus II 66,67%. (3) Hasil pada siklus III mencapai ketuntasan sebesar 86,67%, sehingga telah mencapai ketuntasan minimal yaitu 75%. (4) Terdapat peningkatan kemampuan membaca huruf sebelum dan sesudah tindakan yaitu sebesar 60%.


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2002. ProseduPenelitian Pende atan Praktek. Jakarta :Rineka Cipta

Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Rachmawati, Fajar, 2007. Pengertian Membaca, tersedia :http://eprints.uny.ac.id/9908/3/bab%202%20-%2009108247015.pdf. Diunduh 3 November 2017

Rachmawati, Fajar. 2008. Manfaat Membaca.(online), tersedia:http://eprints.uny.ac.id/9908/3/bab%202%20-%2009108247015.pdf.diunduh 7 Desember  2017

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Indeks Pertama Puri Media

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Paud, Yogyakarta:Pedagogia.

Jumaris. 2004. Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Online). Tersedia:http://digilib.unila.ac.id/10172/15/BAB%20II.pdf. Diunduh 12 Desember  2017

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2005. Pengertian Membaca.(Online) Tersedia:Http://kbbi.co.id. Diunduh 6 Desember 2018.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2012 Arti Kata Jam, tersedia: https://kbbi.web.id/jam


PUBLISHED

2018-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 12 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI