MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MEDIA TELEVISI PINTAR PADA ANAK KELOMPOK B PAUD MENUR KECAMATAN BESUKI KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

ERLIN WITANSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0146

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan, bahwa kemampuan berbicara pada anak kelompok B PAUD Menur masih rendah, hal ini terlihat dari 15 anak hanya 4 anak yang bisa bicara lancar yaitu 1 anak mendapat «««« dan 3 anak mendapat «««. Rendahnya kemampuan berbicara disebabkan oleh penggunaan media yang kurang menarik, selain itu media yang digunakan kebanyakana berupa lembar kerja dalam bentuk buku. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Satu upaya untuk mengatasi hal tersebut dengan menggunakan media televisi pintar dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B PAUD Menur Besuki Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas terdapat tiga siklus dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, subyek penelitian anak kelompok B PAUD Menur Besuki berjumlah 15 anak. Instrument yang dugunakan berupa RPPM, RPPH, lembar penilaian anak, lembar observasi guru. Dari hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan berbicara pada pra tindakan dengan ketuntasan sebesar 2,67% dapat dikatakan kemampuan berbicara anak masih rendah, (2) pelaksanaan siklus I hasil ketuntasan sebesar 40% dan siklus II sebesar 60%, (3) hasil siklus III mencapai ketuntasan sebesar 86,66%, sehingga telah mencapai ketuntasan minimum yaitu 75%, (4) terdapat peningkatan kemampuan berbicara anak sebelum dan sesudah penggunaan media televisi pintar sebesar 60%.  Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penggunaan media televisi pintar dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B PAUD Menur kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018.


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek.   Jakarta: Rineka Cipta.

Aulia. 2012. Revolusi Pembuat Anak Candu Membaca. Yogyakarta: Flas books

Hariyadi dan Zamzani. 2000. Pengertian Berbicara. (Online), Tersedia http://eprints.uny.ac.id/13297/2/BAB%20II.pdf,  Diunduh 4 Oktober 2017 

Musaba. 2012. Manfaat berbicara . (Online), Tersedia : http:// fiar77119 8.blogspot.co.id/2015/12/manfaat-keterampilan-berbicara.html Diunduh 2 November 2017

Sadiman. 2008. Media Pembelajaran. (Online), Tersedia :http://eprints.uny.ac.id /9668/3/bab%202%20-%2008205244010.pdf, Di unduh 10 Oktober 2017

Santi,Danar . 2016. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Indeks Anggota IKAPI. 

Tarigan. H. G. 2008 Berbicara Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung:Angkasa.

Toiruf. 2008. Jenis-Jenis Media. (Online), Tersedia : http:// jurnal.radenpatah.ac.id/index.php/raudhatulafhfal/article/download/1489/1173/ Diunduh 27 Juli 2018


PUBLISHED

2018-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 12 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI