MENINGKATAKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MEDIA BUKU BERGAMBAR PADA ANAK KELMPOK B TK PARWANIDA KECAMATAN SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
NURUL HIDAYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.01.11.0143P
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui media buku bergambar pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Perwanida Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Perwanida Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan kenaikan persentase rata-rata kemampuan berbicara anak dari Siklus I 47,06% naik menjadi 64,71% pada Siklus II dan pada siklus III mencapai 82,35%.
Kesimpulan hasil penelitian adalah metode mendongeng terbukti dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Perwanida Tahun Pelajaran 2015/2016. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, disarankan: (1) Bagi peyelenggara pendidikan, untuk mengimplementasikan kegiatan mendongeng; 2) Bagi guru, untuk mengkreasikan media dalam penerapan metode mendongeng agar lebih menarik dan kreatif; (3) Bagi orang tua, agar lebih memperhatikan setiap potensi yang dimiliki anak tidak hanya potensi akademik semata tetapi juga pada potensi kreativitas anak; (4) Bagi Peneliti Selanjutnya, agar lebih memperhatikan aktivitas anak di dalam maupun di luar sekolah. Ini dimaksudkan agar instrumen yang dibuat lebih baik.