Latar belakang penelitian ini adalah dari hasil observasi dan diskusi yang dilakukan oleh penulis dengan guru kelas yang menjadi collaborator dalam penelitian ini, bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran berhitung permulaan di Kelompok B TK Anugerah Nyawangan, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017-2018 masih menggunakan lembar kerja anak, masih kurang dalam penggunaan berbagai macam media pembelajaran, dan masih kurang dalam menerapkan permainan yang menstimulasi suasana menyenangkan sehingga kemampuan berhitung permulaan anak kurang berkembang secara optimal dan belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart melalui tiga siklus. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Anugerah Nyawangan berjumlah 23 anak, terdiri dari 11 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan unjuk kerja anak dan observasi pelaksaaan pembelajaran guru. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan presentase ketuntasan belajar dari pra-tindakan hingga siklus III yaitu pra-tindakan sebesar 48%, siklus I sebesar 59%, siklus II sebesar 71%, dan siklus III sebesar 81%. Melalui penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui permainan ular tangga edukatif terbukti dapat mengembangkan kemampuan berhitung permulaan anak Kelompok B TK Anugerah Nyawangan, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017-2018.
Guswarni, Eka. 2012. Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Anak melalui Permainan Kartu Gambar di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Agam. Jurnal Pesona PAUD, 1 (1). (Online), tersedia: (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=100785&val=1492), diunduh 05 Juni 2018.
Hijriati. 2017. Peranan dan Manfaat APE untuk Mendukung Kreativitas Anak Usia Dini. 3 (2). (Online), tersedia: (https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/download/1699/1236), diunduh 05 Juni 2018.
Irawati, Rosi Meri. 2012. Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak melalui Permainan Memancing Angka di Taman Kanak-kanak Sangrina Bunda Pasar Tiku. Pesona PAUD, 1 (1). (Online), tersedia: (http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/viewFile/1658/1427), diunduh 05 Juni 2018
Suyanto, Slamet. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.