Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman penulis, bahwa kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Sodo masih rendah karena guru memilih metode yang kurang tepat dan monoton. Akibatnya anak merasa bosan dan suasana kelas menjadi pasif. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnyapun juga rendah. Hal ini dapat dilihat bahwa pada pra tindakan, anak yang tergolong belum tuntas belajar mencapai 91,7%. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah 12 anak Kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Sodo tahun pelajaran 2017-2018. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rencana Program Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH), lembar penilaian anak dan lembar observasi kegiatan pembelajaran. Data yang diperoleh pada Siklus I menunjukkan bahwa prosentase ketuntasan belajar anak didik adalah sebesar 25 %, pada Siklus II meningkat menjadi 41,7% dan pada Siklus III meningkat menjadi 83,3%. Berdasarkan data ini, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media dadu berpola terbukti dapat mengembangkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Sodo, Kecamatan Pakel, Kabupaten Tulungagung.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik. Jakarta: PT Rinaka Cipta
Dhermawan, Asep. 2017. Manfaat Media Dadu. (Online). tersedia: https://agroedupolitan.blogspot.com, diunduh 18 Juli 2018
Karim, Muchtar A. dkk. 2007. Pendidikan Matematika Untuk Anak Usia Dini. Jakarta. Depdikbud
Miftah, Ahmad. 2013. Permainan Dadu Geometri. (Online). tersedia: http://mausarjana.blogspot.com, diunduh 11 Nopember 2017
Sujiono, Yuliani Nurani. 2014. Metode Pengembangan Kognitif. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta : Kencana
Suyanto, Slamet. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas